Rabu, 11 Sep 2019 14:31 WIB

Keren, RI Bakal Punya Fasilitas Uji Tabrak Mobil Rp 1,7 Triliun

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Crash test mobil Honda Foto: Honda Crash test mobil Honda Foto: Honda
Makassar - Kementerian Perhubungan akan membangun fasilitas proving ground sebagai ujian untuk kendaraan-kendaraan yang akan mengaspal di Indonesia. Proving ground itu nantinya bakal memiliki fasilitas uji tabrak atau crash test.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi kepada wartawan di Makassar, di sela-sela pelaksanaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di Celebes Convention Center, Rabu (11/9/2019).



"Kami ajak APM dan Gaikindo, tahun 2020 kita akan mulai pembangunan proving ground di balai pengujian Bekasi. Ini penting agar mobil yang diproduksi di Indonesia aman," ujarnya.

Indonesia selama ini belum memiliki fasilitas proving ground yang cukup. Proving ground merupakan bagian dari uji tipe yang selalu dilakukan Kementerian Perhubungan. "Tahun 2020 kami ajak swasta, BUMN untuk pembuatan proving ground. Sebetulnya kelengkapan uji tipe kan pakai alat kita, tapi pas uji jalan kita nggak punya, Indonesia termasuk yang pertama, Thailand mungkin punya, kemudian kita," ujarnya.



"Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab kita menjamin mobil yang dioperasionalkan selain uji tipe uji lapangan tadi, jadi ada jalanan licin, bergelombang, ada crash test juga," ujarnya.

Anggaran untuk membangun Proving Ground menggunakan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). "Jadi swasta yang bangun, anggaran dari swasta, setelah berapa tahun baru dikembalikan karena dananya cukup besar Rp 1,7 triliun," ujarnya.


Keren, RI Bakal Punya Fasilitas Uji Tabrak Mobil Rp 1,7 Triliun


Simak Video " Keren! Kursi Mobil Ini Fleksibel Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com