Terpopuler Kemarin

Tukang Cukur Tajir Melintir, Punya Rolls-Royce, BMW, dan Mercedes

Tim Detikcom - detikOto
Senin, 23 Agu 2021 14:57 WIB
Sampai saat ini tercatat sudah ada 378 mobil yang dimiliki Babu. Mobil terbaru yang Babu beli adalah Mercedes-Maybach S600.
Ramesh Babu, tukang cukur yang kini punya koleksi mobil mewah (Rushlane)
Jakarta -

Kisah inspiratif ini terjadi di Bengaluru, India. Seorang pria bernama Ramesh Babu yang berprofesi sebagai tukang cukur memiliki koleski mobil mewah yang luar biasa. Ada Rolls-Royce, BMW, sampai Mercedes-Benz.

Ramesh Babu Babu saat ini memiliki lebih dari 200 mobil mewah, sebagian besar merupakan produksi Jerman. Di antara deretan mobil mahal Babu adalah Rolls Royce Ghost.

Selain itu isi garasinya juga ada Mercedes-Maybach S500, BMW 7-Series, Mercedes-Benz E-Class, Mercedes-Benz V-Class, BMW 5-Series, Honda Accord, Honda CR-V, sampai Toyota Camry.

Dari mana Babu mendapatkan uang untuk membeli mobil mewah sedemikian banyak?

Dikutip dari Cartoq, Babu menjadi tukang cukur meneruskan usaha ayahnya, yang meninggal dunia saat dia berusia tujuh tahun. Babu kecil hidup dalam kemiskinan bersama ibunya.

Ayahnya dahulu memiliki sebuah salon, tapi karena Babu belum siap mengelolanya, bisnis tersebut dijalankan oleh pamannya yang disewakan senilai 5 rupee per hari. Babu membantu pamannya di sana dan dibayar Rp 1.000 sehari kala itu.

"Saya membeli baju sekolah setahun sekali. Saya pernah mengembalikannya ke guru karena sobek dan tidak bisa membeli yang baru. Kami hanya makan satu kali sehari di siang hari, itu juga sisa dari makan di tempat ibu bekerja," ucap Babu mengisahkan sulitnya kondisi hidup dia dan keluarganya ketika itu.

Kemudian saat berusia 13 tahun Babu mulai menjadi loper koran hingga pemasok botol susu, apapun dilakukannya supaya bisa membiayai keluarganya. Hingga masuk masa kuliah Babu mengambil salon dari pamannya. Babu tak memiliki modal apapun kecuali kegigihan untuk menjadi sukses seperti sekarang.

"Kala itu saat saya sedang menunggu para pekerja ada seorang pria datang dan meminta saya untuk mencukur rambutnya. Saya bilang saya tak mengerti bagaimana cara mencukur rambut tetapi ia meyakinkan saya bisa melakukannya," cerita Babu.

Selain Mercedes Maybach S600, Babu juga memiliki Rolls Royce Ghost untuk disewakan dengan tarif sebesar Rp 10 juta per harinya. Tarif tersebut disesuaikan dengan kemewahan mobil. Walaupun punya rental mobil, Babu tak lupa akan profesinya sebagai tukang cukur.Selain Mercedes Maybach S600, Babu juga memiliki Rolls Royce Ghost untuk disewakan dengan tarif sebesar Rp 10 juta per harinya. Tarif tersebut disesuaikan dengan kemewahan mobil. Walaupun punya rental mobil, Babu tak lupa akan profesinya sebagai tukang cukur. Foto: Rushlane

"Kemudian saya potong rambutnya dan mungkin ia menyukainya hingga membayar dua kali lipat. Dan hingga saat ini ia masih menjadi pelanggan saya," lanjut Babu.

Babu akhirnya memutuskan untuk menjadi tukang cukur sendiri di salonnya, namanya barbershop-nya berganti menjadi "Inner Space". Setahun setelahnya ia mengambil kursus cukur rambut di Singapura.

Kerja Keras Babu Berujung Sukses: Dari Tukang Cukur Jadi Penyewaan Mobil

Babu mengisahkan dirinya selalu bangun lebih awal untuk membuka salonnya pada pukul 6 pagi. Kemudian, pada jam 10, berangkat kuliah dan kembali lagi ke salonnya di malam hari buka sampai tengah malam sekitar pukul 12 malam atau 1 pagi.

Kliennya mulai dari perwira militer, politisi besar, polisi hingga aktor Bollywood, seperti Aamir Khan, Aishwarya Rai Bachchan, Akshay Kumar, Salman Khan, dan Anil Kapoor.

Bicara soal mobil, kendaraan pertama yang dia miliki adalah Maruti Suzuki Omni di tahun 1994. Mobil itu kemudian menjadi salah satu sumber pemasukan Babu karena dia menyewakannya ke orang lain.

Nandini Akka, mantan bos ibunya saat menjadi sebagai asisten rumah tangga bekerja di Intel Corporation. Dia bertanya kepada Babu mengapa Anda tidak menyewakan mobil Maruti miliknya daripada hanya tergeletak begitu saja.

Ya, mobil pertamanya tersebut juga bergerak menghasilkan uang. Babu mendapatkan kontrak pertamanya dari bisnis sewa mobil dari perusahaan Intel. Pelan-pelan ia membesarkan perusahaan rentalnya itu.

Ramesh Babu menerima proposal dari Mercedes India pada pertengahan 2000-an. Dia melihat peluang dalam proposal ini.

Dia mengumpulkan semua tabungannya dan mengumpulkan sisanya melalui pinjaman bank. Pada tahun 2004, dia berpikir untuk masuk ke segmen mobil mewah dan mulai membeli sedan mewah Mercedes E-Class.

Pada tahun 2004, ia mulai menambahkan lebih banyak mobil. Tapi mobil-mobil itu hanya digunakan untuk bisnis.

Pada tahun 2011, Ramesh Babu membeli mobil mewah lainnya, Rolls Royce. Dia bahkan menggadaikan perhiasan istrinya dan hampir bangkrut. Orang-orang menyuruhnya untuk menjual semua mobil mahal dan mewah, tetapi dia terus mencoba dan satu setengah tahun kemudian Ramesh akhirnya berhasil lagi.

Jadi saat ini dia memiliki lebih dari 200 unit mobil mewah tetapi untuk disewakan. Bahkan dia masih menyimpan Maruti Van (Omni) miliknya. Namun mobil tersebut menjadi barang koleksi pribadi dan tidak disewakan.

Well, meski Ramesh Babu mencapai puncak stabilitas keuangan, ia tetap membumi dan masih terus memotong rambut sebagai bagian dari profesinya. Dia menyewakan Roll Royce untuk sekitar Rs. 50.000 sekitar Rp 10 juta per hari, tetapi kalau potong rambut oleh jutawan ini hanya akan dikenakan biaya Rs. 100 (hampir Rp 20 ribu).



Simak Video "Pajaknya Mepet Rp 100 Juta per Tahun, Ini Wujud Rolls Royce Phantom "
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)