Secanggih Mobilnya, BMW Luncurkan Kursi Gaming Super Canggih 'Rival Rig'

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 01 Jul 2021 19:09 WIB
BMW merilis kursi gaming canggih Rival Rig
BMW merilis kursi gaming super canggih Rival Rig Foto: dok. BMW Group Designworks
Jakarta -

Tren eSport semakin menggeliat dan positif di dunia. Hal ini yang membuat pabrikan mobil asal Jerman, BMW turut meramaikan dan serius untuk masuk ke skena eSport ini. Mereka meluncurkan kursi gaming yang dijuluki dengan Rival Rig.

Akhir Juni kemarin, BMW menggelar acara eSport Boost secara virtual. Di acara tersebut, BMW berkolaborasi dengan beberapa stakeholders di dunia eSport untuk berdialog dan membahas beberapa materi terkait tren di dunia eSport saat ini.

[Gambas:Youtube]


Pada ajang ini, BMW sekaligus merilis produk 'nyata' tanda keseriusan mereka di dunia eSport ini. Bekerjasama dengan tim satu group mereka, Designwork, kursi gaming ini dengan segudang sensor dan kecanggihan khas teknologi BMW.

Dari video yang ditampilkan oleh BMW saat peluncuran kursi gaming ini, mereka menyebutkan bahwa ini bukanlah sekadar kursi gaming melainkan sebuah Hyperintelligent Gaming Station.

BMW memasangkan lebih dari 30 sensor dan aktuator ke Rival Rig ini. Selain itu, kursi gaming canggih ini hadir dengan mode yang dapat dipilih oleh penggunanya. Salah satu mode yang disoroti BMW ke Rival Rig ini adalah Performance Boosting Mode.

BMW juga memasangkan fitur penghangat dan pendingin jok yang dikenal dengan istliah climate control. Ada juga teknologi water cooling dynamic yang disematkan BMW ke kursi ini.

Tak tanggung-tanggung, kursi gaming ini juga dapat menyesuaikan posisi duduk penggunanya berkat fitur self-adjusting ergonomics. Lalu untuk kenyamanan duduk penggunanya, BMW juga memasangkan fitur pneumatic air pads.

Untuk para pecinta coding dan teknologi, tidak perlu khawatir jika ingin memodifikasi kursi gaming ini. BMW membuat kursi gaming Rival Rig ini open source dan adaptive algorithms, sehingga memudahkan siapapun untuk melakukan pengaturan lain di kursi gaming ini.

BMW merilis kursi gaming canggih Rival RigBMW merilis kursi gaming canggih Rival Rig Foto: dok. BMW Group Designworks

Dalam laman resminya, BMW Group Designwork mengatakan bahwa Rival Rig ini difokuskan untuk performa permainan, keseruan open source dan juga kesehatan pemainnya.

Holger Hampf, President of Designworks mengatakan bahwa inspirasi pembuatan kursi gaming ini datang dari karakteristik kapal luar angkasa dan mobil Formula 1.

"Ini yang sangat unik, kami mendesain kursi ini dapat membaca dan menganalisis perilaku serta gerak penggunanya. Sehingga pengunanya tidak perlu lagi mengatur (kursi ini) untuk dirinya. Kursi gaming ini akan mengatur sendiri dengan kecerdasan buatan (artificial intelligent)," ujar Holger Hampf pada laman resmi BMW Group Designwork.



Simak Video "Sandiaga Harap Indonesia Jadi Tuan Rumah Eksibisi e-Sport Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)