Ban Motor Teknologi Baru Ini Ramah Lingkungan, Awet Juga

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 04 Mar 2021 11:46 WIB
technologi Techsyn
Bridgestone Foto: Pool (visordown)
Jakarta -

Produsen ban ternama Bridgestone memperkenalkan teknologi terbaru mereka yang diklaim sangat ramah lingkungan dan jauh lebih awet dibandingkan generasi sebelumnya. Produk terbaru Bridgestone ini disapa Techsyn.

Dikutip visordown, teknologi Techsyn merupakan hasil kolaborasi Bridgestone, Arlanxeo, dan Solvay. Ban motor ini diklaim memiliki daya tahan terbaik, yang tentu saja menjadikannya lebih awet untuk mengurangi siklus pergantian ban.

Ban ini dibuat melalui proses 'mengikat' karet sintetis ke silica pada level molekul. Hasilnya didapatkan kompon ban yang 30% lebih kuat dibanding ban konvensional. Bukan itu saja, ban ini juga disebutkan punya daya hambat putaran yang lebih kecil, yakni sebesar 6% dibanding ban biasa.

Pada umumnya, keunggulan-keunggulan yang disebutkan di atas akan membuat sebuah ban menjadi berkurang daya cengkramnya di aspal. Apalagi pada ban motor. Namun Bridgestone malah mengklaim sebaliknya.

technologi Techsyntechnologi Techsyn Foto: Pool (visordown)

Saat dibandingkan dengan ban Bridgestone type lain, Techsyn ini tak menghasilkan efek negatif terkait kemampuan daya cengkramnya. Pengujian dilakukan pada kondisi jalan kering dan basah.

"Kami yakin, bersama Bridgestone, untuk bisa melahirkan inovasi, terobosan dan mobilitas di masa depan memerlukan kolaborasi. Kemitraan dalam Techsyn ini menjadi bagian partisipasi di dalamnya. Dengan mengembangkan solusi untuk bisa memfokuskan kepada lingkungan, kami menciptakan langkah besar dan menjadikan sebagai diri kami,: ujar President and CEO Bridgestone EMIA, Laurent Dartoux.

Tidak dijelaskan lebih lanjut kapan teknologi ban terbaru ini akan dipasarkan dan akan tersebar di negara mana saja. Termasuk tipe motor yang akan bisa menggunakannya.



Simak Video "Ironis! Pungut Getah Karet Seharga Rp 17.000, Kakek Dibui 2 Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)