Ganjil Genap Bogor: Kendaraan Masuk Bogor Berkurang 8.000, Macet Hilang

Tim Detikcom - detikOto
Senin, 08 Feb 2021 09:18 WIB
Ganjl genap di Bogor
Pemberlakuan ganjil genap di Kota Bogor (Antara)
Jakarta -

Pada sekitar 24 jam pertama pemberlakuan ganjil-genap di Kota Bogor, jumlah kendaraan yang masuk ke kota tersebut berkurang sampai 8.000. Macet pun diklaim jadi hilang.

Demikian diungkapkan Walikota Bogor, Bima Arya. Dia menyebut kebijakan ganjil-genap yang berlaku di Bogor mampu secara signifikan mengurangi jumlah mobil.

Jumlah kendaraan roda empat yang masuk ke Kota Bogor melalui Tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Baranangsiang, pada Sabtu (6/2) pukul 06.00 WIB hingga Minggu pukul 06.00 WIB ada sebanyak 21.360 kendaraan.

Angka tersebut menurun 8.082 kendaraan, jika dibandingkan dengan waktu yang sama pada pekan lalu yakni 29.442 kendaraan.

"Itu artinya, kebijakan aturan ganjil-genap bagi kendaraan bermotor yang diterapkan Pemerintah Kota Bogor berhasil. Warga mematuhinya," ucap Bima Arya.

Bima menambahkan jumlah kendaraan menuju Kota Bogor melalui Tol Jagorawi dan keluar di Pintu Tol Baranangsiang, pada Minggu pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB, sebanyak 1.567 kendaraan. "Jumlah tersebut turun 1.364 kendaraan dibandingkan pekan lalu pada waktu yang sama yakni 2.931 kendaraan," lanjut dia.

Ganjil genap Kota Bogor.Ganjil genap Kota Bogor. Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom

Pengurangan jumlah kendaraan yang cukup besar tersebut berdampak positif buat Kota Bogor. Disebut Bima Arya, kemacetan tak terjadi pada akhir pekan kemarin.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Bogor memberlakukan kebijakan ganjil genap untuk periode dua akhir pekan. Yang pertama digelar pada 6-7 Februari, dan akan dilanjutkan pada long weekend ini, sepanjang 12-14 Februari.

Langkah tersebut diambil bukan demi mengurangi jumlah kendaraan di Kota Bogor. Melainkan demi menekan penularan COVID-19, di mana terus terjadi peningkatan di Bogor.

Karena bertepatan dengan long weekend, Bima Arya memasikan pihaknya akan mempertegas kebijakan ganjil genap pada pekan kedua.

"Pada pekan depan ada long weekend, yakni hari libur Imlek, pada Jumat (12/2), sehingga penjagaannya harus lebih maksimal," tegas Bima Arya.

Kapolresta Bogor, Kombes Susatyo memantau titik pemeriksaan ganjil genap Bogor pada hari kedua pemberlakuan gage.Kapolresta Bogor, Kombes Susatyo memantau titik pemeriksaan ganjil genap Bogor pada hari kedua pemberlakuan gage. Foto: Sachril/detikcom

Hari Pertama Ganjil Genap Bogor, 5.182 Kendaraan Diputar Balik

Meski sudah melalui tahap sosialisasi, masih banyak warga yang tak tahu soal kebijakan ganjil genap di Bogor. Pada hari pertama pelaksanaan, tercatat ada 5.182 kendaraan diputar balik.

Diungkapkan Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, data tersebut diambil dari Sabtu (6/2) mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Rinciannya adalah 2.326 kendaraan roda empat dan 2.856 kendaraan roda dua.

"Jumlah kendaraan yang diminta memutar balik arah itu tercatat dan dilaporkan oleh petugas dari seluruh Pos Sekat dan Pos 'Check Point' yang disiapkan," jelas Susatyo Purnomo Condro dikutip dari Antara.



Simak Video "Ganjil Genap di Bogor Mulai Berlaku!"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)