Tak Termasuk Jakarta, Ini 15 Kota dengan Jalanan Paling Lancar

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 31 Jan 2021 15:17 WIB
Greensboro-High Point, Kota dengan lalu lintas paling lancar di dunia
Greensboro-High Point, Kota dengan lalu lintas paling lancar di dunia. Foto: TomTom Traffic Index.
Jakarta -

Jakarta beberapa tahun lalu sempat masuk 10 kota termacet di dunia. Namun, pada 2020 berbarengan dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Jakarta keluar dari 10 kota termacet dunia. Tahun lalu, Jakarta menduduki peringkat ke-31 kota termacet di dunia.

Hal itu berdasarkan TomTom Traffic Index. Angka tingkat kemacetan lalu lintas itu merupakan hasil survei TomTom, perusahaan spesialis teknologi lokasi. Data Indeks Lalu Lintas berasal dari komunitas TomTom yang berkembang dengan lebih dari 600 juta pengemudi yang menggunakan teknologi TomTom di perangkat navigasi, sistem di dalam mobil dan smartphone di seluruh dunia.

Pada 2020, Jakarta sendiri memiliki tingkat kemacetan 36%. Tingkat kemacetan atau congestion level di sini maksudnya adalah perjalanan di Jakarta membutuhkan waktu 36% lebih lama dibanding kondisi tanpa kemacetan.

"Mencakup 416 kota di 57 negara di 6 benua, Indeks Lalu Lintas kami memberi peringkat kemacetan perkotaan di seluruh dunia dan menyediakan akses gratis ke informasi kota demi kota. Anda, bersama pengemudi, perencana kota, pabrikan mobil, dan pembuat kebijakan, dapat menggunakan indeks untuk membantu mengatasi tantangan terkait lalu lintas. Data Indeks Lalu Lintas kami berasal dari komunitas kami yang berkembang lebih dari 600 juta pengemudi, yang menggunakan teknologi TomTom di perangkat navigasi, sistem dasbor, dan ponsel cerdas di seluruh dunia," sebut TomTom.

Meski telah keluar dari 10 kota termacet dunia, Jakarta tak ada di daftar kota dengan jalanan paling lancar. Data TomTom Traffic Index menyajikan, kebanyakan kota di Amerika Serikat- (AS)-ah yang masuk dalam daftar 15 kota dengan lalu lintas paling lancar.

Kota dengan lalu lintas paling lancar itu memiliki tingkat kemacetan kurang dari 10%, berkisar antara 7-9%. Sepanjang tahun 2020, TomTom Traffic Index menggambarkan ke-15 kota ini hijau yang berarti lalu lintasnya lancar.

Berikut 15 kota di dunia dengan jalanan paling lancar berdasarkan TomTom Traffic Index:

1. Greensboro-High Point, AS: Tingkat kemacetan 7%
2. Akron, AS: Tingkat kemacetan 8%
3. Cadiz, Spanyol: Tingkat kemacetan 8%
4. Winston-Salem, AS: Tingkat kemacetan 8%
5. Little Rock, AS: Tingkat kemacetan 8%
6. Dayton, AS: Tingkat kemacetan 8%
7. Syracuse, AS: Tingkat kemacetan 8%
8. Kansas City, AS: Tingkat kemacetan 9%
9. Minneapolis, AS: Tingkat kemacetan 9%
10. Indianapolis, AS: Tingkat kemacetan 9%
11. Milwaukee, AS: Tingkat kemacetan 9%
12. Richmond, AS: Tingkat kemacetan 9%
13. Cleveland, AS: Tingkat kemacetan 9%
14. St. Louis, AS: Tingkat kemacetan 9%
15. Worcester, AS: Tingkat kemacetan 9%.



Simak Video "Sensasi Jajal Flyover Tapal Kuda yang Digadang Atasi Kemacetan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)