Makin Canggih Aja, Baterai Kendaraan Listrik Ini Bisa Penuh Dalam 5 Menit Saja

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 23 Jan 2021 16:03 WIB
Baterai Solid-State bisa terisi penuh dalam waktu 5 menit.
Baterai Solid-State. Foto: StoreDot
Jakarta -

Selain jarak tempuh, hal lain yang menjadi pertimbangan orang dalam memiliki kendaraan listrik adalah waktu pengisian dayanya. Rata-rata mobil listrik canggih dengan pengisian cepat baru bisa mencapai waktu 30-20 menit untuk terisi penuh.

Kini sebuah perusahaan startup dari Israel, StoreDot telah membuat sebuah standar baru lewat baterai yang mereka kembangkan. Alih-alih menggunakan baterai jenis lithium, perusahaan ini sudah memakai jenis solid-state dan dapat terisi penuh dalam waktu 5 menit saja.

Extreme Fast Charging (XFC) StoreDot menggunakan rancangan lithium-ion. Desain tersebut melihat penggantian grafit dalam baterai dengan apa yang disebut partikel nano metaloid. Perubahan inilah yang memungkinkan tingkat pengisian daya baterai StoreDot jauh lebih unggul.

"Pengumuman hari ini menandai tonggak penting, memindahkan XFC untuk pertama kalinya menjadi produk yang layak secara komersial yang dapat diskalakan untuk produksi massal," kata CEO StoreDot, Dr. Doron Myersdorf.

Myersdorf mengatakan bahwa perusahaannya berencana untuk meluncurkan baterai generasi kedua akhir tahun ini. Versi ini menggunakan silikon dan ditujukan untuk digunakan pada kendaraan listrik.

Baterai generasi pertama telah didemonstrasikan dalam skuter listrik roda dua, saat pengisian daya dari 15 persen jadi 100 persen hanya butuh lima menit. Satu-satunya penghalang saat ini adalah stasiun dan jaringan pengisian daya yang ada. Ini perlu ditingkatkan untuk mengimbangi kemampuan baterai baru StoreDot.

Saat ini selain berlomba memberikan jarak tempuh yang jauh, para pemain mobil listrik juga berusaha memberikan waktu pengisian secepat mungkin. Pabrik mobil listrik baru Amerika Serikat Lucid sudah punya mobil listrik yang baterainya terisi penuh dalam waktu 20 menit.

Toyota pun juga tahun ini berencana meluncurkan baterai solid-state yang dapat terisi penuh dalam waktu 10 menit saja. Temuan-temuan seperti ini tentu akan semakin mempercepat transisi elektrifikasi.



Simak Video "Resmi! 43 Kendaraan Listrik di Sulsel Beroperasi dengan Pelat"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)