Tahun 2025, Ojol dan Taksol Bakal Pakai 26 Ribu Unit Kendaraan Listrik

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 18 Des 2020 10:39 WIB
Makin banyak transportasi online yang pakai kendaraan listrik
Makin banyak transportasi online yang pakai kendaraan listrik. Foto: Grab Indonesia
Jakarta -

Demam kendaraan listrik turut menghinggapi jasa layanan transportasi online, baik ojek online (ojol) maupun taksi online (taksol). Perusahaan aplikasi seperti Grab pun berencana menggunakan 26.000 kendaraan listrik hingga tahun 2025.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Republik Indonesia menggelar acara peluncuran publik Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan menggandeng beberapa penyedia kendaraan dan jasa transportasi listrik, termasuk Grab Indonesia, pada Kamis (17/12/2020).

Sejalan dengan misi pemerintah, Grab mengatakan sangat mendukung pengembangan ekosistem KBLBB lewat komitmennya untuk menghadirkan 26.000 kendaraan listrik hingga tahun 2025, sebagai bagian dari inisiatif #LangkahHijau yang telah diluncurkan pada 2019 lalu.

Dalam keterangan resminya, President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, menyatakan bahwa hingga saat ini, Grab telah menyediakan lebih dari 5.000 armada listrik, baik berupa e-scooter, sepeda listrik, motor listrik, maupun kendaraan listrik 4-roda di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Bali, dan Sulawesi Selatan.

"Sebagai bagian dari komitmen #LangkahHijau, Grab akan menyediakan 26.000 kendaraan listrik baik 2-roda maupun 4-roda secara bertahap hingga 2025 mendatang. Grab siap untuk berperan aktif dalam inisiatif pengembangan ekosistem transportasi yang ramah lingkungan demi terwujudnya Indonesia yang lebih hijau dan ekonomi negeri yang berkelanjutan," ujarnya.

Sebelumnya Grab Indonesia telah meluncurkan program #LangkahHijau pada 2019 untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan melalui inovasi teknologi dan transportasi listrik. Sejalan dengan program itu, Grab Indonesia juga mengatakan telah membuat Peta Jalan (Roadmap) Ekosistem Kendaraan Berbasis Listrik bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta jajaran Menteri/Kepala Lembaga Kabinet Indonesia Maju yang terkait sebagai bentuk dukungan atas Perpres Nomor 55/2019 tentang memasyarakatkan KBL di Indonesia.

"Grab juga telah memperkenalkan GrabCar Elektrik powered by Hyundai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Januari 2020. Grab adalah platform terbuka yang siap berkolaborasi untuk mengembangkan KBLBB di Indonesia. Saat ini, Grab telah bekerja sama dengan Hyundai, Kymco, VIAR dan SELIS dalam menyediakan kendaraan listrik di Indonesia".



Simak Video "Tahun 2025 Pemerintah Targetkan 10 Ribu Charging Station Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)