Si Kecil Mau Diajak Liburan Naik Mobil? Siapkan 5 Hal Ini Ya, Bun

Rizki Pratama - detikOto
Jumat, 18 Des 2020 06:37 WIB
Ilustrasi mudik naik mobil bersama anak
Persiapan liburan bersama bayi naik mobil. Foto: Dok. Thinkstock
Jakarta -

Sebentar lagi musim liburan akhir tahun akan tiba dan orang-orang ingin menggunakan kesempatan itu untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Bagi anda yang memiliki bayi kecil persiapannya harus ekstra agar si kecil tetap sehat dan aman dalam perjalanan.

Setidaknya ada beberapa tips menyiapkan perjalanan liburan saat membawa bayi seperti yang disampaikan Daihatsu lewat situs resminya. Tips di bawah ini cocok diterapkan bagi anda yang hendak menggunakan kendaraan pribadi.

1. Kondisi Mobil

Ini tentu menjadi persiapan utama bagi anda yang ingin berkendara saat liburan. Pastikan kendaraan sudah diperiksa dan tidak bermasalah sebelum melakukan perjalanan. Cek kondisi mobil secara keseluruhan mulai dari mesin mobil, kondisi rem, kopling untuk transmisi manual, hingga sistem kelistrikan yang bisa memengaruhi berbagai fitur lain selama perjalanan.

Pastikan AC juga dalam kondisi baik. Hal ini bisa memengaruhi kenyamanan bayi selama perjalanan. Tak jarang bayi jadi rewel saat mobil terasa gerah. Hal ini dapat merepotkan penumpang lain hingga mengalihkan fokus pengemudi.

2. Bawa Makanan

Bagi orang dewasa mungkin masih dapat menahan lapar dalam keadaan tertentu. Tapi, bagi anak kecil hal ini bisa menjadi masalah besar yang membuatnya tidak nyaman bahkan dapat mengganggu konsentrasi pengemudi.

Menyiapkan makanan ringan untuk si kecil cukup ampuh mengatasi kebosanannya dalam perjalanan. Agar sehat untuk bayi, hindari membeli makanan di luar yang tidak terjamin kebersihannya.

3. Jangan Sampai Bayi Mabuk Darat

Sebagai orang tua tentu tidak ingin anaknya merasa tidak sehat dalam perjalanan. Mabuk darat adalah sebuah kondisi yang dapat membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

Agar bayi tidak mabuk darat, perhatikan makanan yang dikonsumsi bayi, sirkulasi udara pada kendaraan, hindari menghibur bayi dengan gadget selama perjalanan serta mendengarkan musik cukup membantu mencegah bayi mabuk perjalanan.

4. Siapkan Perlengkapan Bayi

Bayi butuh barang yang mendukung kenyamanan serta diperlukan tips khusus biar mengemasnya jadi lebih ringkas. Beberapa perlengkapan tambahan yang dibutuhkan bayi selama mudik seperti popok dan alas diaper sekali pakai, Kantong plastik untuk mengemas barang dan pakaian kotor, selimut, tisu kering dan basah, botol susu lebih banyak, losion bayi agar kulitnya tidak kering, mainan favorit si kecil, P3K, serta Pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.

5. Car Seat

Menambahkan car seat untuk bayi akan memberikan kenyamanan dan keamanan ekstra pada bayi. Pentingnya penggunaan car seat ini masih sering dipandang sebelah mata, padahal fungsinya amat penting menjaga keselamatan bayi selama perjalanan.

Seperti kita tahu, selama perjalanan setiap penumpang diwajibkan memakai seat belt termasuk bayi. Pilihlah car seat yang alasnya empuk dan kuat, bisa menopang tubuh dan leher si kecil. pastikan pula seat belt pada car seatnya berfungsi dengan baik.

Menggunakan car seat untuk dudukan bayi juga bisa membuat mudik terasa jadi lebih ringkas dan praktis. Tangan dan paha jadi nggak pegal kalau terus-terusan menggendong atau memangku bayi selama perjalanan.



Simak Video "Tega! Bayi Baru Lahir Dibuang di Atas Saluran Drainase di Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lua)