Respons Positif Masyarakat Isi Bensin Sendiri di SPBU Pertamina

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 12 Nov 2020 07:51 WIB
Pengendara sepeda motor mengisi bahan bakar minyak sendiri di Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU Pertamina) 34-101-02 yang berada di Jalan Hasyim Ashari, Jakarta Pusat, Jumat (3/8). Terhitung sejak 20 Juli, SPBU ini menerapkan pengisian bahan bakar self service untuk para pengendara sepeda motor. File/detikFoto.
Ilustrasi SPBU Self Service Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Layaknya di luar negeri, Indonesia pun memiliki Stasiun Pengisian Bensin Umum (SPBU) Self Service alias pengendara melakukan pengisian bahan bakar sendiri. Tercatat saat ini sudah ada 116 SPBU Pertamina yang menerapkan Self Service, tapi bagaimana respon masyarakat melihat SPBU Self Service ini ya?

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Subholding Pertamina Commercial and Trading, Putut Andriatno menjelaskan ke detikOto bahwa respon masyarakat akan kehadiran SPBU Self Service sangat positif. Karena SPBU Self Service memberikan pengalaman baru bagi pengendara.

"Masyarakat cukup antusias terkait dengan penerapan sistem SPBU Self Service, karena menjadi new experience tersendiri bagi konsumen dalam melakukan pengisian BBM," kata Putut.

Putut juga menjelaskan dengan adanya SPBU Self Service masyarakat semakin yakin saat melakukan pengisian bahan bakar minyak.

Pengendara sepeda motor mengisi bahan bakar minyak sendiri di Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU Pertamina) 34-101-02 yang berada di Jalan Hasyim Ashari, Jakarta Pusat, Jumat (3/8). Terhitung sejak 20 Juli, SPBU ini menerapkan pengisian bahan bakar self service untuk para pengendara sepeda motor. File/detikFoto.Pengendara sepeda motor mengisi bahan bakar minyak sendiri di Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU Pertamina) 34-101-02 yang berada di Jalan Hasyim Ashari, Jakarta Pusat, Jumat (3/8). Terhitung sejak 20 Juli, SPBU ini menerapkan pengisian bahan bakar self service untuk para pengendara sepeda motor. File/detikFoto. Foto: Agung Pambudhy

"Masyarakat lebih yakin atas BBM yang diisi ke kendaraannya. Memang, untuk diawal program memang ada masyarakat yang masih ragu-ragu, bingung, bahkan merasa repot, namun SPBU memberikan edukasi dan pendampingan untuk membantu konsumen seperti itu," ujar Putut.

"Karena tujuan utama program Self Service adalah memberikan New Experience bagi konsumen Pertamina, kalaupun ada efisiensi yang diperoleh hal ini lebih karena optimalisasi fasilitas dan kecepatan layanan khususnya di area motor dan jumlah operator yang melakukan pelayanan di lapangan lebih dapat dioptimalkan," tutup Putut.



Simak Video "Korsleting, Mobil Angkutan Umum Terbakar di SPBU Kendari"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)