Ada Self Service, SPBU Beroperator Jangan Dihilangkan

Ruly Kurniawan - detikOto
Jumat, 22 Jun 2018 14:40 WIB
SPBU Self Service Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Banyak yang menyukai layanan mandiri atau self service di beberapa SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) PT Pertamina (Persero). Bahkan beberapa pengendara roda dua di SPBU Jalan MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan ingin layanan self service diperbanyak.

Namun meski seperti itu, masih ada yang menginginkan SPBU yang dioperasikan oleh petugas. Itulah yang dikatakan Suprianto ketika berbincang bersama detikOto setelah menikmati layanan SPBU self service.

"Nyaman sih (SPBU self service), adil juga. Tapi menurut saya, Pom bensin biasa tetap ada, lah. Karena kalau sedang sibuk dan ingin buru-buru bisa datang ke SPBU itu," kata Suprianto di SPBU MT Haryono, Tebet, Jakarta.



"Jadi saling melengkapi," lanjut pria yang bekerja sebagai ojek online itu.

Di samping itu, pengendara lainnya Hanz Marianus berharap layanan self service di SPBU lebih diperbanyak lagi. Tujuannya supaya konsumen merasa puas sudah mendapatkan sesuatu sesuai dengan apa yang mereka minta.

"Kalau menurut saya self service diperbanyak lah, karena biar penggunanya puas kan. Tidak merasa dicurangi. Karena saya sendiri merasakan seperti itu (pernah dicurangi oleh oknum saat melakukan pengisian bensin di SPBU biasa). Karena SPBU yang self service itu saya puas sekali," ujarnya.

Group Head Communication Pertamina Retail Yoesoef Alfredo Saboe mengatakan saat ini hampir semua SPBU yang dimiliki Pertamina (COCO) sudah menjalankan self service.

Dia mengatakan hal ini sudah mulai mengurangi antrean di SPBU. "Dikarenakan konsumen sudah terbiasa dengan pengisian BBM dengan self service, jadi antrean sudah semakin terurai dari awal kita lakukan pengisian secara self service," ujarnya. (ruk/ddn)