Minggu, 30 Agu 2020 08:24 WIB

Toyota hingga Suzuki, Corona Menjangkit Pabrikan Otomotif RI

Tim detikcom - detikOto
Poster Ilustrasi virus Corona. COVID-19 menjangkit beberapa aktivitas masyarakat, salah satunya di lingkungan kerja industri otomotif. Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Virus Corona (COVID-19) menjangkit pabrik otomotif. Karyawan pabrikan otomotif seperti Toyota, Daihatsu, hingga Suzuki terindikiasi virus yang menjadi pandemi di dunia tersebut.

Protokol kesehatan sudah diterapkan secara ketat di pabrik-pabrik otomotif tersebut. Namun, karyawan di beberapa pabrik otomotif dinyatakan positif COVID-19.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) melaporkan 10 karyawan TMMIN didiagnosa COVID-19. Karyawan tersebut sudah ditangani sesuai protokol kesehatan untuk segera mendapat penanganan medis lebih lanjut.

Lima dari 10 karyawan yang positif COVID-19 tersebut sudah dinyatakan sembuh dari virus itu. Sementara lima karyawan lainnya sedang dalam proses pemulihan kesehatan dengan isolasi mandiri dan dengan perawatan di rumah sakit.

"Kesepuluh karyawan tersebut berstatus bekerja dari rumah (work from home) pada saat terdiagnosa," tulis TMMIN dalam siaran persnya.

Prosedur dan aktivitas untuk mencegah penularan virus Corona di lingkungan kerja sudah dijalankan PT TMMIN sejak Mei hingga Agustus 2020. Penularan COVID-19 tidak hanya terjadi di lingkup kerja, namun juga banyak muncul di tempat tinggal seperti yang terjadi di beberapa kasus terakhir.

"Perhatian penting dibutuhkan dalam membangun awareness untuk menciptakan serta membangun budaya hidup sehat dan adaptasi kebiasaan baru di tempat tinggal karyawan. Dengan aktif mengaplikasikan hidup sehat dan adaptasi kebiasaan baru di rumah, karyawan juga bisa menjadi agent of change di lingkungan masing-masing dan mendukung upaya memutus penyebaran COVID-19," sebutnya.

Di lingkungan kerja, TMMIN menerapkan upaya preventif, upaya untuk memastikan kondisi kesehatan, serta prosedur mitigasi dalam hal terjadi infeksi pada karyawan. Saat ini berdasarkan pertimbangan untuk melindungi karyawan dan pemangku kepentingan dari risiko penyebaran infeksi COVID-19, TMMIN menerapkan beberapa langkah seperti, menjaga jarak fisik (physical distancing) dalam aktivitas produksi dan kegiatan operasional lain yang terkait, penggunaan masker yang merupakan bentuk saling menghormati dan melindungi sesama, demikian juga penggunaan sarung tangan, partisi, dan face shield di bagian tertentu.

Alat transportasi bagi karyawan juga disiapkan demi menciptakan kenyamanan, sekaligus memastikan konsep adaptasi kebiasaan baru terjaga dari rumah sampai lokasi kerja. Rapid Test bagi semua karyawan yang hadir di area kerja juga dilakukan. Kemudian Self-Health Declaration harian untuk seluruh karyawan. Penyemprotan disinfektan di semua area kerja Toyota Indonesia secara berkala. Penggunaan teknologi aplikasi digital yang memudahkan menjaga jarak aman serta contact tracing. Juga setiap saat Inspektur Kesehatan melakukan pengecekan ketaatan ketentuan kesehatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ini Sebaran Kasus Positif Corona di 34 Provinsi Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com