Kamis, 14 Mei 2020 16:14 WIB

Dua Karyawan Toyota Indonesia Positif COVID-19

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pekerja melakukan proses pembuatan mesin mobil di Pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia Karawang, Jawa Barat, Senin (7/3/2016). Dengan diresmikannya engine plant ketiga ini, TMMIN memiliki total jumlah 5 pabrik di Indonesia, baik untuk produksi mesin dan perakitan kendaraan. Engine plant ketiga ini akan menjadi basis produksi mesin untuk lokal dan juga diekspor ke lima negara. Total investasi di engine plant ketiga ini menghabiskan Rp 2,3 triliun.Rencananya akan menjadi basis produksi mesin kode NR khususnya tipe R-NR. Mesin tipe R-NR ini adalah mesin bensin yang bisa menggunakan bahan bakar ethanol. Pekerja melakukan proses pembuatan mesin mobil di Pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia Karawang, Jawa Barat, Senin (7/3/2016). Foto: Agung Phambudhy.
Jakarta -

Karyawan Toyota Indonesia positif terjangkit virus Corona (COVID-19). Hingga kini, terkonfirmasi dua orang karyawan Toyota Indonesia yang positif COVID-19.

Dalam siaran persnya disebutkan, seorang karyawan laki-laki berusia 30-an tahun yang bekerja sebagai pegawai kantor (non-produksi) di Pabrik Sunter PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang terletak di Jakarta Utara terindikasi COVID-19 dari hasil pemeriksaan kesehatan. Karyawan tersebut kemudian menjalani tes PCR (Polymerase Chain Reaction) atau biasa disebut swab test untuk virus Corona dan pada 9 Mei 2020. Hasilnya, karyawan itu telah didiagnosa positif COVID-19. Karyawan itu tidak menampakkan gejala atau masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Sebelumnya karyawan tersebut melaksanakan work from home selama 2 minggu dan sudah tidak melakukan aktivitas pekerjaan sejak terindikasi dalam pemeriksaan kesehatan. Saat ini karyawan terkonfirmasi positif COVID-19 dalam kondisi baik, akan tetapi tetap menjalankan prosedur diisolasi di rumah sakit dan menerima penanganan medis," tulis Toyota dalam siaran pers.

Selain itu, PT TMMIN juga menyampaikan bahwa seorang karyawan laki-laki berusia 20-an tahun yang bekerja sebagai operator di Pabrik Karawang TMMIN telah didiagnosa positif COVID-19 pada tanggal 12 Mei 2020. Karyawan itu didiagnosa positif COVID-19 setelah menjalani test PCR (Polymerase Chain Reaction).

"TMMIN dengan segera melakukan penanganan secara menyeluruh kepada karyawan tersebut yang saat ini menjalani prosedur isolasi di rumah sakit dan menerima penanganan medis," sebut Toyota.

Sesuai prosedur dan sebagai pencegahan, TMMIN telah melaksanakan protokol kesehatan seperti deep cleaning, trace & test, serta protokol kesehatan lainnya. Disebutkan, seluruh aktivitas manufaktur dan penjualan Toyota di Indonesia tidak terdampak dengan dugaan dan diagnosa COVID-19 ini.

"Kami menjamin keamanan seluruh produk dan jasa layanan Toyota. Kami terus melaksanakan aktivitas pencegahan penyebaran dan infeksi COVID-19 di setiap tahap produksi dan penjualan mobil Toyota Indonesia bahkan hingga ke pelanggan melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat," tulisnya.

Menurut Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam, pihaknya terus melaksanakan aktivitas pencegahan penyebaran dan infeksi COVID-19 di setiap tahap produksi dan penjualan mobil Toyota Indonesia. "Bahkan hingga ke pelanggan melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat dan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan karyawan di bidang kesehatan," ujar Bob.



Simak Video "Airlangga Sebut Covid-19 di Ri Mulai Terkendali"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com