Selasa, 28 Jul 2020 17:32 WIB

Pertama Kali di Dunia, Penumpang Mobil di Belakang Akan Dapat Airbag

Luthfi Anshori - detikOto
Mercedes-Benz S Class 2021 akan dilengkapi fitur airbags untuk penumpang baris belakang Mercedes-Benz S Class 2021 akan dilengkapi fitur airbags untuk penumpang baris belakang. Foto: Rushlane
Jakarta -

Selama ini penumpang baris belakang di mobil selalu mendapat diskriminasi terkait perangkat safety airbag. Airbag atau balon udara ini umumnya hanya diberikan untuk pengemudi dan penumpang di baris pertama. Jikapun penumpang belakang mendapatkan airbag, biasanya hanya untuk melindungi bagian samping tubuh penumpang.

Menjawab kebutuhan tersebut, Mercedes-Benz berencana membuat fitur airbag untuk melindungi bagian depan penumpang belakang. Nantinya perangkat ini akan diterapkan pada Mercedes-Benz S Class.

Mercedes-Benz S Class baru dijadwalkan meluncur secara perdana pada 2 September mendatang. Salah satu poin yang akan ditonjolkan dari produk baru Mercy tersebut adalah teknologi perangkat safety-nya.

Dikutip dari Rushlane, model baru Mercedes-Benz S Class diklaim akan menjadi mobil pertama di dunia yang dilengkapi dengan airbag untuk penumpang belakang. Fitur airbag ini untuk melindungi mereka dari tabrakan depan.

Menyediakan fitur safety airbag untuk penumpang kursi belakang tidak semudah penyematan airbag di kursi baris depan. Sebab sistem harus cukup akurat untuk memperhitungkan penumpang anak kecil.

Airbag belakang akan bekerja bersama dengan airbag pada sabuk pengaman (belt bag). Sistem tersebut diharapkan meningkatkan keamanan penumpang belakang secara signifikan.

Inovasi keselamatan lain yang ada Mercedes S Class 2021 antara lain fungsi Pre-Safe Impulse Side dan Active Body Control. Teknologi Pre-Safe Impulse Side akan menggunakan radar untuk mengenali dampak tabrakan samping, sehingga bisa memindahkan penumpang ke posisi duduk yang aman. Sementara fitur Active Body Control akan membuat struktur bodi mobil lebih kaku dan lebih kuat menanggung kosentrasi beban saat terjadi kecelakaan.



Simak Video "The New GLS, SUV Mercedes Setingkat S-Class"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com