Kamis, 09 Jul 2020 19:58 WIB

Penjualan Motor dan Mobil Diklaim Naik Signifikan pada Juni

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi motor dan mobil baru Ilustrasi motor dan mobil baru. (Istimewa)
Jakarta -

Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memang belum mengungkap data penjualan motor dan penjualan mobil bulan Juni 2020. Namun menurut informasi, penjualan motor dan mobil di bulan itu disebut mengalami kenaikan signifikan.

"Sebagai gambaran saja, tanpa (bermaksud) melangkahi dari teman-teman di AISI dan Gaikindo. Dari diskusi-diskusi, di bulan Juni ini sangat luar biasa, market dari motorcycle, motor baru, itu naik sampai 47 persen, dibandingkan di bulan Mei," ungkap Marketing SEVP Mandiri Utama Finance (MUF), Yanto Tjia, dalam sebuah diskusi virtual, Kamis (9/7/2020).

Menurut Yanto, penjualan mobil di bulan Juni menyentuh angka 246 ribuan. "Dibandingkan tahun 2019 per bulan itu rata-rata 400 ribu sampai 500 ribuan. Tapi kami tetap bersyukur sudah balik ke 50% dari market 2019," lanjut Yanto.

Tak hanya motor, penjualan mobil juga disebut mengalami performa apik sepanjang Juni 2020. "Kami juga dapat data terakhir, dari data Gaikindo pun di bulan Juni naik 70 persen dibandingkan bulan Mei. Di angka 29 ribu," katanya lagi.

Sampai berita ini ditulis, baru PT Honda Prospect Motor (HPM) yang melaporkan data penjualan bulan kemarin. Sepanjang Juni 2020, merek mobil Honda mencatat penjualan sebanyak 2.488 unit di Indonesia. Angka itu meningkat 93% dibandingkan penjualan pada bulan Mei lalu.

Sementara dari industri kendaraan roda dua, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) juga telah mengonfirmasi adanya peningkatan penjualan di era new normal. Penjualan motor Kawasaki pada Juni 2020, disebut mengalami kenaikan sekitar 30-40% dibandingkan periode Mei 2020.

Berakhirnya masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan hadirnya masa new normal menjadi salah satu faktor pemicu meningkatnya penjualan kendaraan bermotor. Masyarakat yang kembali beraktivitas, lebih memilih kendaraan pribadi untuk alasan kesehatan.



Simak Video "Membeludak! Dibuka Perdana, GIIAS 2019 Diserbu Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com