Kamis, 02 Jul 2020 18:31 WIB

Dua Moge Terbakar Habis di Pit Sirkuit Catalunya

Rizki Pratama - detikOto
Dua moge hangus terbakar di sirkuit Catalunya Moge terbakar. Foto: Visordown
Jakarta -

Sebuah kecerobohan menyebabkan kebakaran yang melahap dua moge di pit lintasan balap Catalunya, Barcelona. Kebakaran untungnya dapat segera dikendalikan sehingga tak menyebabkan kerusakan lebih parah pada sekitarnya.

Api penyebab kebakaran dilaporkan muncul setelah tangki bahan bakar BMW S1000 RR yang telah kosong dilepaskan untuk memeriksa masalah kelistrikan. Meskipun sudah dikeringkan, uap bahan bakar di dalam tangki masih dapat memicu timbulnya api. Api yang tersulut itu langsung menyambar Yamaha R1 yang berada di dekatnya.

Uap bensin yang berada di tangki bahan bakar sebenarnya lebih mudah terbakar daripada bensin cair. Bahan bakar cair yang menguap lebih mudah menyulut api dalam suhu yang lebih hangat.

Dalam skenario ini, dapat dibayangkan komponen listrik penyebab percikan api dekat dengan pembukaan tangki yang dikeringkan. Percikan api dari komponen listrik inilah yang menyebabkan kebakaran.

Tak ada kerusakkan lain maupun korban jiwa yang terkena dampak di sekitar lokasi kebakaran tersebut. Akan tetapi sudah dapat dipastikan kedua motor sport besar itu tak akan pernah kembali melaju di atas aspal lagi.

Dua moge itu merupakan motor unggulan dari kedua merek. Soal mesin, Yamaha R1 ini mengandalkan mesin crossplane 998 cc yang kompatibel dengan regulasi Euro5. Sistem injeksi memakai injektor bahan bakar 10-hole dari Bosch yang bisa menghasilkan pembakaran lebih efisien. Mesin dapat menghasilkan tenaga 199 dk. Sementara itu BMW S1000 RR mengusung mesin all-line 998 cc yang menghasilkan 204 bhp dan torsi puncak 83 Nm.

Kedua motor ini harganya juga tidaklah murah. Di Indonesia, Yamaha R1 dilabeli harga Rp 600 jutaan sedangkan BMW S1000 RR di sekitar Rp 700 jutaan.



Simak Video "Video Detik-detik Tabrakan Motor dari Arah Berlawanan di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com