Jumat, 10 Apr 2020 21:23 WIB

Corona Tidak Hambat 'Perkawinan' Fiat Chrysler dan Peugeot

Rizki Pratama - detikOto
Foto Insert Merger FCA dan PSA Group PSA FCA percepat proses merger Foto: Andhika Akbarayansyah
Jakarta -

Para pemegang kepentingan di Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan Group PSA Peugeot mempercepat proses merger mereka. Kendati dalam situasi pandemi global virus corona, kedua pihak sepakat untuk segera bergabung.

Pernyataan ini dikatakan langsung oleh CEO gabungan perusahaan ini, Carlos Tavares dalam seperti dilansirkan oleh Reuters. Tavares juga mengatakan bahwa kedua pihak akan segera bersinergi dalam kerangka kerja yang baru dari perusahaan tersebut.

Keputusan ini tampaknya juga dipicu oleh kondisi pasar yang lemah akibat virus Corona. Jika kedua perusahaan bergabung maka akan ada banyak pemangkasan biaya terutama dari sisi pengembangan model. Metode merger atau aliansi ini mulai banyak dipilih oleh berbagai merek dalam persaingan industri otomotif belakangan ini.

Gabungan kedua perusahaan ini sudah disepakati pada akhir tahun 2019 lalu namun, prosesnya cukup panjang dan belum selesai. Penggabungan ini secara tidak langsung telah menciptakan raksasa otomotif keempat dunia dengan proyeksi penjualan tahunan sekitar 8,7 juta unit.

Sementara itu proyeksi pendapatan mereka ditaksir akan mencapai USD 190 miliar per tahun atau dengan laba operasi lebih dari USD 12,2 miliar dan margin laba operasi sebesar 6,6 persen. Perkiraan ini dihitung berdasarkan refleksi sederhana dari pendapatan selama tahun 2018.

"Merger kami adalah peluang besar untuk mengambil posisi yang lebih kuat dalam industri otomotif karena kami berupaya untuk menguasai transisi ke dunia mobilitas yang bersih, aman dan berkelanjutan untuk menyediakan pelanggan kami dengan produk, teknologi, dan layanan kelas dunia," kata Tavares.

Dalam konsolidasi ini perusahaan tersebut akan memiliki lebih dari dua per tiga model volume maker menggunakan dua platform. Diperkirakan produksi mencapai 3 juta mobil per tahun menggunakan platform kecil dan platform mobil ukuran menengah.

Dewan direksi kedua perusahaan yang bergabung ini terdiri dari 11 anggota. Lima orang berasal dari FCA dan pemegang saham dan lima lainnya dipilih oleh PSA dan pemegang sahamnya. CEO PSA saat ini, Carlos Tavares akan menjadi CEO di perusahaan merger ini untuk masa jabatan awal lima tahun dan juga akan menjadi anggota dewan direksi.



Simak Video "Korban Corona, Mobil yang Tergadai"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com