Geneva Motor Show Batal karena Corona, Launching Mobil Digelar Lewat Video

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 02 Mar 2020 09:06 WIB
Ajang pameran otomotif Geneva Motor Show diadakan setiap tahun pada bulan Maret atau di awal musim semi di Eropa.
Produsen mencari cara lain untuk meluncurkan produk pasca dibatalkannya Geneva Motor Show akibat wabah Corona Foto: Dina Rayanti
Jakarta -

Setelah melakukan evaluasi, Geneva Motor Show akhirnya memutuskan untuk tidak menggelar pameran yang seharusnya berlangsung pada 2-15 Maret 2020 ini demi mereduksi penyebaran wabah Corona. Para produsen mobil kelimpungan karena rencana peluncuran produk dan konferensi pers di sana juga akan turut dibatalkan.

Lebih dari 160 peserta pameran harusnya tampil dalam ajang otomotif dunia yang ke-90 tahun itu. Menyiasati hal ini, BMW telah memutuskan untuk meluncurkan mobil terbarunya, yaitu BMW Concept i4 melalui siaran langsung. Mercedes-Benz juga melakukan hal sama di mana mereka akan meluncurkan Mercedes-Benz E-Class.

Merek dari Italia, Ferrari mengatakan tidak ada alternatif lain untuk menyiasati kejadian ini. Begitu juga dengan Fiat yang tidak memiliki rencana lain untuk meluncurkan mobil listrik Fiat 500.

Sementara itu perusahaan mobil asal Prancis, grup PSA akan mencari venue untuk menampilkan konsep baru mobilnya. Untuk konferensi pers, PSA akan memberikan jadwal tanya jawab melalui sambungan telepon.

Salah satu anak perusahaan Volkswagen, Audi tampaknya juga akan menempuh cara BMW dan Mercedes-Benz untuk memperkenalkan mobil barunya. Audi akan menggunakan kanal digital untuk meluncurkan A3 Sportback dan Audi E-Tron S.

Penyelenggara Geneva Motor Show menyampaikan permohonan maafnya atas ketidaknyamanan ini. Pembatalan ini ditujukan semata-mata untuk mengurangi risiko penyebaran wabah corona yang telah masuk ke Swiss.

"Kami menyesali situasi ini, tapi kesehatan dari semua partisipan dan peserta pameran adalah prioritas utama. Ini adalah kerugian luar biasa bagi pabrikan yang telah berinvestasi besar-besaran dalam kehadiran mereka di Geneva, "kata Chairman of the Geneva International Motor Show Foundation Board, Maurice Turrettini.



Simak Video "Corona RI Per 12 April: Tambah 4.829 Kasus, 5.289 Sembuh"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)