Sabtu, 29 Feb 2020 10:23 WIB

Awas Maling, Ini Penyebab Alarm Mobil Tak Berfungsi

M Luthfi Andika - detikOto
Kunci mobil Alarm mobil kerap tidak bunyi saat terjadi aksi kejahatan. Kenapa bisa begitu? (Istimewa)
Jakarta -

Pencurian dan pembobolan terus jadi kekhawatiran para pemilik kendaraan. Alarm mobil selalu jadi harapan, sayangnya fitur ini tak bisa 100% bisa diandalkan.

Meski demikian, namanya buatan manusia. Terkadang fitur alarm pada kendaraan kerap tidak berfungsi dengan baik. Tapi apa ya kira-kira yang menjadi penyebab alarm tidak bisa berfungsi dengan baik. Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna menjelaskan ada beberapa hal yang membuat alarm kendaraan tidak berfungsi dengan sempurna.

"Ada beberapa hal yang membuat alarm mobil tidak bisa berfungsi dengan baik," kata Suparna.

Suparna menjelaskan alarm tidak berfungsi dengan baik , bisa dikarenakan model alarm itu sendiri.

"Penyebab alarm tidak berfungsi, bisa karena modulnya problem, remote-nya bermasalah atau sensor-sensor bermasalah. Bisa saja modul error karena short circuit, ada komponen dalam modul yg rusak," ujar Suparna.

"Remote bermasalah biasanya karena habis battery. Sensor-sensor juga kadang error, karena ada macet sensor pintu atau kap mesin. Kalau macet maka alarm tidak berfungsi. Sensor getar yang malfungsi juga bisa menyebabkan alarm tidak berfungsi," tambah Suparna.

Tidak berhenti sampai di situ, selain faktor internal. Faktor eksternal juga menjadi catatan, salah satunya adanya gelombang yang satu frekuensi dengan alarm. Ini juga membuat alarm tidak bisa berfungsi dengan sempurna.

"Kecuali tiga komponen di atas yang menyebabkan tidak fungsinya alarm adalah faktor external. Misal karena adanya gelombang yang frekuensinya sama, maka akan juga menyebabkan alarm tidak berfungsi," ujar Suparna.

"Adapun kerusakan alarm sistem bisa karena modul, remote, sensor terkena atau terendam air, short circuit, kotor, atau panas berlebih yang merusak komponen elektronik," kata Suparna.



Simak Video "Pameran Otomotif Klasik, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com