Senin, 24 Feb 2020 18:16 WIB

Ditaksir Perusahaan Asing, Bus Sleeper Buatan Indonesia Juga Akan Diekspor

Luthfi Anshori - detikOto
Laksana Legacy SR2 Suites Class Laksana Legacy SR2 Suites Class (Istimewa)
Jakarta -

Tak hanya mengekspor bus tingkat ke Bangladesh, perusahaan karoseri lokal, CV Laksana, juga sedang menjajaki kemungkinan mengekspor bus bertipe Suites Class ke sana.

"Bangladesh setelah bus double decker ini mereka sebenarnya sudah mengirimkan sasis lagi. Dan kemungkinan besar itu akan dipakai di bus Suites Class," bilang Technical Head Manager Karoseri Laksana, Stefan Arman, kepada detikcom, belum lama ini.

Sebagai informasi, bus sleeper tipe Legacy SR2 Suites Class diperkenalkan pertama kali pada pameran GIIAS 2019. Berbeda dengan bus pada umumnya, Legacy SR2 Suites Class menggunakan konfigurasi jok yang bisa direbahkan sampai kemiringan 150 derajat.

Kendati berjenis sleeper seat, konfigurasi jok bus ini dibuat bertingkat, sehingga bisa memuat banyak penumpang. Selain itu, berbagai fitur multimedia pun disematkan, seperti Wifi, Audio Video On Demand, USB charging port, dan lampu baca.

Saat ini sudah ada beberapa PO (Perusahaan Otobus) yang mengoperasikan bus ini, mulai dari Sinar Jaya, Tami Jaya, serta Shantika.

Laksana Legacy SR2 Suites ClassLaksana Legacy SR2 Suites Class (Istimewa)

"Bus Suites Class perkembangannya baik, mulai banyak PO-PO yang beli. Sekarang penjualannya sudah sampai 12 unit," ujar Stefan.

"Pasar bus suites class ini sangat potensial ke depannya, karena dibangunnya jalan tol ini kebutuhan penumpang untuk perjalanan panjang akan semakin terbuka dan saya kira bus suites class ini akan sangat cocok," pungkasnya.



Simak Video "Transjakarta Mulai Uji Coba Bus Listrik Selama 3 Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com