Senin, 16 Des 2019 12:16 WIB

Target RI, 2022 Mampu Produksi Kendaraan Listrik dan Baterai

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Istimewa/PLN
Jakarta - Pemerintah tidak main-main dalam memperbanyak kendaraan listrik di Indonesia. Berbagai aturan dipersiapkan untuk menganakemaskan berbagai pabrikan agar bisa memproduksi kendaraan listrik.

Seperti yang diterima detikcom dalam rilis Kemenperin, yang disampaikan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan, Kemenperin RI, Putu Juli Ardika.



Putu menjelaskan, Kemenperin ditugaskan untuk menyusun empat Peraturan Menteri Perindustrian. Sebagai regulasi turunan pada Perpres No.55/2019, tentang tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

"Aturan tersebut antara lain terkait roadmap industri kendaraan di dalam negeri serta fasilitasi tentang skema CKD, IKD dan part by part," ungkap Putu.

Putu juga mengungkapkan, dalam upaya mengakselerasi produksi kendaraan listrik, pemerintah menargetkan pada tahun 2022 Indonesia mampu memproduksi baterai untuk kendaraan listrik.

ilustrasi kendaraan listrikilustrasi kendaraan listrik Foto: Agung Pambudhy


"Sudah banyak investor yang komitmen ingin memproduksinya, termasuk bahan bakunya. Untuk itu, kami akan mempercepat menyusun aturan-aturannya. Kami juga mendorong penggunaan kendaraan listrik untuk transportasi umum," tandasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video " Polri Pamer Desain Pelat Nomor Mobil Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com