Jumat, 15 Nov 2019 11:06 WIB

Kontrol di Rest Area, Satu Cara PO Bus Lihat Kondisi Pengemudi

Luthfi Anshori - detikOto
Sopir bus Foto: Agung Pambudhy Sopir bus Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Setiap angkutan bus dengan trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) biasanya memiliki semacam check point untuk mengontrol kondisi awak pengemudi. Dengan adanya sistem seperti ini, diharapkan para pengemudi tetap mengutamakan keselamatan selama menjalankan tugasnya.

Cara ini juga dilakukan oleh Perusahaan Otobus (PO) Putera Mulya. "Kalau kita setiap satu siklus itu pasti ada briefing (dulu-Red) di internal. Nah di saat briefing itu pasti kita selalu kasih tahu (ke pengemudi-Red), bagaimana kewaspadaan, menjaga kenyamanan dan keamanan penumpang," kata Pimpinan PT Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan, kepada detikcom.



Selain merutinkan briefing internal, juga diterapkan sistem kontrol di lapangan. "Terus yang kedua di tim operasional, itu di tengah-tengah ada kontrol. Jadi kontrol kita (saat istirahat) di rumah makan. Si pengemudinya diajak ngobrol lah, diingatkan selalu supaya hati-hati, jangan ngantuk, kalau ngantuk berhenti dulu, gantian (dengan pengemudi lain). Itu kita selalu announce, artinya selalu mengingatkan," lanjut Sani.

Menurut Sani dalam setiap pemberangkatan bus Putera Mulya dengan trayek Jakarta-Wonogiri, awak pengemudi akan dikontrol sebanyak dua kali.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sekeluarga Korban Kecelakaan di Tol Gempas Dimakamkan Berdampingan"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com