Sabtu, 23 Mar 2019 09:21 WIB

Wuss, Bus Tingkat Ini Punya Tenaga Mirip Supercar

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori/detikOto Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta - Ajang Busworld South East Asia 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, jadi tempat unjuk gigi bagi para produsen sasis dan mesin bus. Salah satu yang paling mencolok adalah bus terbaru milik pabrikan Swedia, Volvo.

Menggandeng dua karoseri ternama di Tanah Air, Adiputro dan Laksana, Volvo mengenalkan model B11R. Di karoseri milik Adiputro Volvo B11R hadir dengan bodi Jetbus 3+ UHD, sedangkan untuk Laksana, Volvo pakai bodi All New Legacy SR2 Double Decker (bus tingkat).



Yang menarik, sajian utama yang dihadirkan bus Volvo B11R adalah soal tenaganya yang besar, yakni mencapai 430 dk dengan torsi puncak 2.000 Nm. Output tenaga besar tersebut bahkan ditulis besar di bagian kaca samping kedua bus tersebut.

Bus VolvoBus Volvo Foto: Luthfi Anshori/detikOto


Dengan tenaga yang sebesar itu, maka bus ini punya memiliki tenaga hampir mirip dengan supercar. Sebagai informasi, supercar biasanya memiliki output tenaga di kisaran 500 daya kuda.



Untuk diketahui, Volvo B11R mengusung mesin 11.000 cc yang dikombinasi transmisi i-Shift AMT 12 percepatan. Dan sudah mengusung jenis transmisi triptonic yang bisa dijalankan pada mode manual dan automatic.

"Dari sisi tenaga, ini bisa dibilang paling besar di Indonesia, begitupun dengan sistem transmisi 12 percepatannya. Di mana merek lain baru punya 8-percepatan," bilang Presiden Direktur PT Indotruck Utama Bambang Prijono, distributor tunggal Volvo di Indonesia.



Dengan tenaganya yang besar, bus ini sudah dilengkapi berbagai fitur keamanan seperti EBS (Electronic Braking System), ABS (Electronic Braking System), ASR (Anti Slip Regulation), dan ESP atau Electronic Stability Program.

Bus VolvoBus Volvo Foto: Luthfi Anshori/detikOto


Nah, selain hadir untuk platform bis tingkat dan ultra high decker, sasis dan mesin baru Volvo ini juga hadir untuk bus perkotaan dengan bodi bus low decker dan dimensi yang lebih panjang. Khusus untuk bus kota, Volvo mengusung kode B8RLE.




Tonton juga video Mei 2019, Transjakarta Siap Uji Coba Bus Listrik:

[Gambas:Video 20detik]

(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed