Selasa, 27 Nov 2018 19:25 WIB

Hey Ladies, Queenrides Akan Bantu Kalian Berkendara dengan Aman

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Ojol Wanita Foto: Ridwan Arifin/detikOto Ilustrasi Ojol Wanita Foto: Ridwan Arifin/detikOto
Jakarta - Menjadi wanita mandiri dengan berpergian menggunakan sepeda motor sendiri sudah menjadi hal yang lumrah bagi masyarakat Indonesia saat ini. Lalu bagaimana soal keselamatannya? Jangan khawatir ladies, karena kini ada satu komunitas yang siap membantu agar para wanita mengetahui cara berkendara yang baik dan benar.



Wadah yang menaungi keselamatan berkendara para wanita ini terbentuk dalam satu komunitas yang disapa Queenrides. Queenrides berfokus untuk memberdayakan perempuan agar berkendara aman untuk keselamatan dirinya, keluarga, dan lingkungan.

Seperti yang disampaikan CEO dan Founder Queenrides, Iim Fahima Jachja yang membeberkan alasan mengapa mereka berdiri di tengah masyarakat Indonesia.

"Berangkat dari pertumbuhan pengendara perempuan yang meningkat hingga 42 persen dalam 5 tahun belakangan ini. Angka kecelakan yang melibatkan perempuan juga naik sebanyak 49,5 persen dalam waktu dua tahun terakhir," ungkap Iim di Acara Gojek safety riding mitra perempuan, Pasaraya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (27/11/2018).



"Berdasarkan data dari Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri), 80 persen pengguna motor dan mobil adalah tulang punggung keluarga. Sedangkan perbandingan kecelakaan di jalan antara perempuan dan laki-laki adalah lima banding dua. Lima untuk perempuan dan dua untuk laki-laki," kata Lim.

"Kami melihat adanya urgensi untuk meningkatkan kesadaran serta pengetahuan mengenai keamanan dan keselamatan berkendara bagi para pengemudi perempuan," tegas Lim.



"Maka Queenriders hadir untuk menjawab tantangan tersebut," katanya

Queensride tersebut sudah berdiri sejak Januari 2016, saat ini sudah menjaring 200 ribu lebih wanita baik offline dan online. Buat lovers yang hendak mengetahui lebih kampanye #WomenRideSafe melalui media sosial di @queen_rides (Instagram), @queenrides (Twitter), Quuenrides (Facebook), dan blog quennrides.com.

Queenriders dibantu dengan Kemenhub dan Korlantas Polri terus mengedukasi secara offline tentang safety riding untuk perempuan dan sudah sekitar 9 ribu perempuan yang mendapatkan edukasi ini.

Baru saja Queenrides melakukan safety riding workshop dengan para mitra GOJEK untuk meningkatkan keselamatan berkendara dan juga pelayanan kepada pelanggan di kantor GOJEK, Pasaraya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018). (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com