Kamis, 19 Jul 2018 09:19 WIB

Ini Cara Gampang Bedakan Suku Cadang Asli atau Palsu

M Luthfi Andika - detikOto
Bengkel motor resmi Honda Foto: Aris Ginanjar Bengkel motor resmi Honda Foto: Aris Ginanjar
Jakarta - Spare part palsu yang beredar bisa ditekan dengan cara sederhana. Yakni dengan tidak membeli spare part palsu dan dengan mengecek apakah spare part yang kita akan beli tersebut palsu atau tidak.



Nah sebenarnya ada cara mudah untuk mengetahui apakah spare part tersebut palsu atau asli. Seperti yang disampaikan, Head of Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbudin.

"Agar konsumen tidak tertipu, spare part original cirinya memiliki harga lebih relatif lebih mahal, dibandingkan dengan palsu. Selain itu konsumen diharapkan selalu mengunjungi diler resmi Honda, karena konsumen tidak akan menemukan spare part palsu. Layaknya membeli sepatu bermerek, itu sudah pasti asli saat membeli di tokonya," ujar Ahmad.



Lelaki yang kerap disapa Muhib ini pun memastikan, melakukan service di bengkel resmi tidaklah semahal yang diperkirakan.

"Ini bukan karena mahal, tapi karena menawarkan kualitas. Jika berbicara kualitas, itu pemakaiannya akan lebih awet masa pakainya. Usia pakainya akan lebih lama dan tentu untuk part-part ini bisa menentukan keselamatan. Makanya disarankan untuk membeli (melakukan servis-Red) di bengkel resmi jangan mempertaruhkan keselamatan anda, dengan membeli spare part palsu," ujarnya.



Dan soal konsumen yang kerap suka disarankan untuk mengganti part oleh mekanik di bengkel meski belum waktunya pergantian suku cadang, hal ini dibantah Muhib.

"Sebenarnya konsumen punya preferensi, karena sebagai mekanik itu hanya memberikan masukan. Tapi ini ada di tangan konsumen," katanya.

"Mereka (teknik) punya kompetensi untuk menyampaikan itu (diganti atau tidak spare part tersebut-Red), konsumen bisa memilih mengganti atau tidak. Ini untuk lebih upaya awal kepada konsumen tentang kondisi spare part-nya," tambahnya. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com