Rabu, 18 Jul 2018 07:18 WIB

Ini Alasan Suku Cadang Palsu Sulit Dibedakan dengan yang Asli

M Luthfi Andika - detikOto
Polisi Gerebek Rumah Produksi Spare Part Palsu di Palembang (Foto: Raja-detikcom) Polisi Gerebek Rumah Produksi Spare Part Palsu di Palembang (Foto: Raja-detikcom)
Jakarta - Memilih suku cadang yang tepat harus dilakukan, jika ingin kendaraan tetap awet. Jangan sampai kedapatan menggunakan spare part palsu. Karena jika ini terjadi, bisa dipastikan kondisi kendaraan Otolovers bakal dipertanyakan.



Memang harus diakui, untuk memilah mana spare part asli dan palsu tidaklah mudah. Karena para pemalsu spare part akan melakukan segala hal agar terlihat sama. Bahkan Chief Executive PT Astra Otoparts, Rio Sanggau, mengatakan konsumen akan sangat sulit membedakan mana spare part asli dan palsu.

"Konsumen tidak mudah mengidentifikasi. Pemalsuan itu mencoba semaksimal mungkin untuk bisa meniru. Baik dari kemasan, tulisan, warna dan semuanya dicoba walaupun ada logo SNI-nya. Itu kerap meniru yang asli," kata Rio.



Hal ini juga yang membuat Rio memberikan saran dan sangat berharap kepada para pengendara untuk melakukan transaksi pada bengkel-bengkel resmi atau bengkel resmi. Agar tidak tertipu dan mendapatkan spare part palsu.

"Kalau aki abal-abal banyak temui di lapangan (bengkel-bengkel umum-Red), kalau yang paham sudah pasti tahu mana yang original atau palsu. Tapi banyak juga konsumen yang pasrah, apa diberikan oleh toko," katanya.



"Karena dari sisi harga mereka mirip-mirip saja, jadi konsumen tidak curiga. Namun konsumen pada akhirnya mengeluhkan performa dari produk abal-abal itu sangat jauh dari yang asli, dan setelah itu baru sadar kalau mereka menggunakan spare part palsu," ujarnya. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed