Kamis, 31 Mei 2018 14:18 WIB

Mengenal Kelebihan Pelumas yang Cocok untuk Mesin Euro 4

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ilustrasi Euro 4 Foto: Rengga Sancaya Ilustrasi Euro 4 Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Salah satu unsur dalam pelumas yang digunakan untuk mobil dengan spesifiaksi mesin emisi Euro4 adalah SN plus. Dengan SN Plus, pelumas disebut akan cocok dengan mobil bermesin standar Euro 4.



Seperti yang dijelaskan Brand SEO Manager Sales & Marketing Domestic Retail Automotive PT Pertamina Lubricants, Totok Subagyo, dengan pelumas SN plus mobil akan jauh dari penyakit yang namanya knocking alias ngelitik.

Mesin yang ngelitik rata-rata saat ini terjadi karena penggunaan mesin turbocharger. Jika pelumas untuk mesin turbocharger hanya menggunakan SN bukan SN plus maka efeknya mesin ngelitik. Dan rata-rata mobil tahun muda menggunakan mesin turbocharger.



"Jadi SN plus untk mesin yang TGDI turbocharged Gasoline Direct Injection). Jadi mesin-mesin yang sekarang kan terutama yang baru, itu kan modelnya compact kecil, kemudian butuh power gede, nah akibatnya dia pakai sistem TGDI, turbocharged itu, degan itu efeknya itu sisa oli di piston kalau mengguakan SN biasa itu kandungan S kontennya,sisa pembakarannya itu relatif cukup banyak, sehingga mengganggu sistem pembakaran akhirnya menimbulkan knocking," ujarnya Totok kepada wartawan, di Jakarta.



Berbeda dengan mobil tahun tua yang mesinnya ngelitik hanya karena kualitas bahan bakar yang kurang baik. Kalau sekarang kata Totok justru dari mesin yang menggunakan pelumas kurang tepat yang menimbulkan ngelitik itu.

"Dengan turbocharger ini ternyata yang menimbulkan knocking dari spesifikasi pelumas, itu bisa, tidak 100 persen ya, tapi bisa mengarah ke situ (ngelitik), sehingga dibutuhkan spek yang baru, SN plus itu," tuturnya. (khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed