Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 02 Maret 2018, 12:18 WIB

Ambisi Moeldoko Bikin Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ambisi Moeldoko Bikin Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko berambisi untuk memproduksi baterai kendaraan listrik di Indonesia. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Setelah menggeber industri otomotif mobil komersial dengan bus listriknya yakni Maxvel, PT Mobil Anak Bangsa (MAB) milik Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko berambisi membuat baterai di tanah air.

Bahkan kata Moeldoko, hal tersebut dapat terealisasikan tidak lama lagi.

"Target saya berikutnya adalah membangun baterai di Indonesia. nggak lama lagi mudah-mudahan segera terealisasikan," ujarnya kepada wartawa, di JCC Senayan, Kamis (1/3/2018).


Namun MAB tidak sendirian untuk merealisasikan ambisinya tersebut. Tawaran dari pihak luar negeri siap untuk membantunya.

"Ada dari Korea menawarkan, China, Shanghai menawarkan. Nanti bisa kita kolaborasi sama luar, terjadi TOT yah, Transfer of Techonology," kata Moeldoko.


Namun sayangnya dari beberapa perusahaan yang menawarkan jasanya untuk membantu MAB membuat baterai listrik di Indonesia justru belum ada dari perusahaan lokal.

Meski begitu, lanjut Moeldoko menjelaskan, ada satu orang yang menjadi teman diskusi dan pengembangan produk yang dapat membantunya merealisasikan ambisi tersebut.


"Dari lokal sementara memang belum yah. Tetapi ada orang saya yang dari awal membicarakan tentang baterai yah, Doktor Eko Fajar, dia punya keahlian di bidang manajemen baterai," ungkapnya. (khi/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed