Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 26 Oktober 2017, 05:50 WIB

Ada Tes Kepikunan bagi Pengendara Manula di Jepang

Andi Abdullah Sururi - detikOto
Ada Tes Kepikunan bagi Pengendara Manula di Jepang Foto: istimewa
Tokyo - Tidak mudah buat warga Jepang untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), termasuk bagi mereka yang sudah berusia lanjut.

Bagi pengendara manula, bahkan disediakan stiker atau penanda khusus yang disarankan untuk ditempel di mobil mereka. Salah satu gunanya adalah supaya pengendara lain dapat memberi perlakuan yang semestinya kepada mereka.

Misalnya, jika mobil mereka berjalan lebih lambat dari yang lain, pengendara lain dapat memahaminya dan tidak sembarang membunyikan klakson. Mobil-mobil berstiker ini juga bisa memperoleh perhatian khusus saat parkir.

Ada Tes Kepikunan bagi Pengendara Manula di Jepang

Uniknya, tidak semua manula di Jepang berkenan memasang stiker tersebut di kendaraan mereka. Salah satu sebabnya, konon mereka enggan dianggap tua karena merasa masih kuat dan bugar dalam berkendara.

Meski demikian, ada hal-hal yang tidak bisa disembunyikan dari kalangan manula, terutama daya ingat. Itu sebabnya, secara berkala ada semacam uji memori buat mereka -- manula pemegang SIM adalah yang berumur 70 tahun ke atas. Nah, jika mereka tidak lulus tes, alias dianggap mulai pikun, mereka bisa tidak diperbolehkan lagi menyetir.

[Baca juga: Saking Sulitnya, Orang Jepang Bikin SIM Sampai Ngulang 4 Kali]

Selain manula, ada pula stiker yang diperuntukkan pengendara baru. Bagi mereka yang baru satu tahun memperoleh SIM pertamanya -- usia minimal orang Jepang punya SIM adalah 18 tahun -- mobil mereka harus dipasangkan stiker berbentuk daun berwana muda.

Namun begitu, tidak semua "rookie" dengan "pede" memperlihatkan stikernya itu. Mungkin mereka merasa gengsi kalau diketahui orang lain bahwa mereka adalah "daun muda".

Ada Tes Kepikunan bagi Pengendara Manula di Jepang



(a2s/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +