Jumat, 07 Jul 2017 13:06 WIB

Hiyy, Ada Hantu Takut-takuti Pengendara yang Pakai Lampu Jauh

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Rush Lane Foto: Rush Lane
Beijing - Stiker-stiker yang ditempel di belakang mobil, biasanya untuk menandakan identitas si pengendaranya. Tapi berbeda dengan fenomena yang terjadi di negeri tirai bambu, China.

Dikutip dari Rush Lane, di sana stiker yang tertempel di belakang mobil justru stiker hantu yang sangat menyeramkan. Itu membuat para pengendara mobil di China ogah menyalakan lampu jauh saat malam hari karena gambar hantu akan muncul. Bayangkan lagi asyik nyetir di malam hari tiba-tiba ada hantu muncul dari mobil depan. Pasti lari terbirit-birit ala si Boneng di film-film hantu yang diperankan Suzanna.

Sebenarnya stiker tersebut digunakan si pemilik mobil untuk mengurangi sinar berlebihan dari pengendara belakang.

Polisi lalu lintas di kota Jinan, Shandong Timur mencatat banyak pemilik mobil yang memasang stiker hantu seram itu pada mobilnya. Tujuannya memang bukan untuk menyaring sinar berlebihan supaya tak merusak mata.

Namun justru itu bisa membahayakan pengendara yang bisa saja menjadi takut. Stiker tersebut hanya mengeluarkan gambar hantu jika disorot dengan lampu jarak jauh.

Harga stiker sebenarnya tak tergolong mahal, bisa dibeli di situs jual beli online mulai dari US$ 3 hingga termahalnya US$ 18 atau setara Rp 40 ribuan sampai Rp 240 ribuan.

Kepolisian Shandong menegaskan akan mendenda mereka yang ketahuan memasang stiker hantu sebesar 100 yuan atau sekitar Rp 196 ribuan.

Ibukota China, Beijing pun melarang penggunaan stiker semacam ini dan si pengendara yang ketahuan memakai lampu besar harus bertanggung jawab atas semua kecelakaan yang terjadi berhubungan dengan penggunaan stiker tersebut. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com