ADVERTISEMENT
Jumat, 02 Sep 2016 18:18 WIB

Pemerintah Optimis Target Jumlah Kendaraan Listrik di 2025 Akan Tercapai

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Tahun 2025, pemerintah Indonesia menargetkan sebanyak 2.200 unit mobil ramah lingkungan dan 2,1 juta motor listrik beredar di Indonesia. Pemerintah pun optimistis bisa mencapai target itu.

Terkait Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2014, mengenai Kebijakan Energi Nasional, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diminta untuk melakukan beberapa hal mengenai kendaraan tenaga listrik.

Terkait tugas yang diberikan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartono menanggapi, target pemerintah akan tercapai.

"Tinggal tergantung dari, kalau sementara kita melihat ekonomi perkembangan dunia, dan ekonomi perkembangan di Indonesia sendiri, kalau misalnya itu kondisinya bagus, saya rasa adalah hal yang mungkin tercapai," tuturnya.

Selain itu, Pudji juga menjelaskan untuk uji coba kendaraan listrik yang sudah dilakukan, tidak serta merta akan lulus dari segi kelayakan untuk digunakan.

"Kan tadi saya bilang ada tim yang melakukan uji tipe kendaraan ini. Nah kemudian dikeluarkan layak jalan atau tidak. Kayak tadi misalnya di gas sedikit langsung jalan, itu akan berikan masukan lagi. Standar bahanya kayak gimana, lalu safety-nya bagaimana. Kalau tidak memenuhi, ya akan kami surati, ini belum memenuhi," tambah Pudji. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com