Bongkar Rahasia Mengapa Mesin Bus Tidak Dimatikan saat Berhenti di Rest Area

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 07 Feb 2021 13:16 WIB
Momen libur nataru kerap dimanfaatkan warga untuk pergi ke luar kota. Tak sedikit warga yang pilih menaiki bus double deck untuk perjalanan jarak jauh.
Alasan mesin bus tidak pernah dimatikan saat berhenti di rest area. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Apakah detikers pernah naik bus untuk perjalanan ke luar kota? Pastinya tahu dong, kalau bus tidak pernah mematikan mesinnya kala berhenti di rest area alias tempat peristirahatan. Apa alasannya ya? Padahal bus biasanya berhenti cukup lama di rest area.

Ternyata ada alasannya, nih. Seperti dijelaskan dalam infografis PO Putera Mulya yang dibagikan di akun Instagram resminya, mesin bus memang sengaja tidak dimatikan kala berhenti di rest area lantaran itu sebuah keharusan.

"Menurut para teknikal dan sopir bus, hal tersebut dikarenakan saat ini mesin diesel bus sudah menggunakan turbo, (jadi) sangat sensitif jika mesinnya terlalu sering diaktifkan atau dinonaktifkan," tulis penjelasan tersebut seperti dilihat detikOto, di akun Instagram @puteramulya_sejahtera, Minggu (7/2/2021).

Para teknisi PO Putera Mulya mengatakan jika teknologi turbo pada mesin diesel bus sangat sensitif, dengan start engine yang terlalu sering. Jadi memang sengaja tidak dimatikan saat berhenti.

"Terlebih juga mesin diesel memerlukan kompresi serta suhu panas agar bekerja dengan baik. Berbanding terbalik dengan mesin bensin. Jika proses panas tak merata, serta sirkulasi udara tak ada, akan pengaruh pada turbo," sambung penjelasan tersebut.

Selain itu, alasan mesin bus tidak dimatikan di rest area bisa juga dikarenakan agar sistem pendingin di bus, khususnya bus AC, tetap menyala. Tujuannya supaya penumpang yang tidak ingin beranjak tetap merasa nyaman di dalam bus.

[Gambas:Instagram]


Lihat juga video 'Truk Pembawa BBM Ilegal Hantam Bus di Kamerun, 53 Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(lua/riar)