Begini Mewahnya Bus Tingkat Milik Perusahaan Rokok Sukun

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 20 Jan 2021 18:29 WIB
Bus tingkat pabrik rokok Sukun buatan karoseri Laksana
Bus tingkat milik pabrik rokok Sukun buatan karoseri Laksana. Foto: Laksana
Jakarta -

Bus tingkat di Indonesia kini sedang naik pamor. Banyak Perusahaan Otobus (PO) berlomba-lomba membeli bus kabin tingkat untuk memperkuat citra atau brand armadanya. Tidak hanya itu, bus tingkat ternyata juga diminati oleh perusahaan pembuat rokok, seperti Sukun. Bahkan bus tingkat milik Sukun yang dibuat oleh karoseri Laksana ini tampak memiliki jeroan yang lebih mewah dibanding bus tingkat untuk penumpang umum.

Secara spesifikasi, bus tingkat milik Perusahaan Rokok (PR) Sukun ini menggunakan bodi Laksana Legacy SR2 double decker, yang dipadu sasis premium Mercedes-Benz OH 2542, triple axle. Sasis ini dibekali mesin turbo intercooler 11.967 cc, yang bisa menghasilkan daya maksimal 422 dk dan torsi 1.900 Nm.

Bus tingkat pabrik rokok Sukun buatan karoseri LaksanaBus tingkat pabrik rokok Sukun buatan karoseri Laksana Foto: Laksana

Dari tampilan luar, bus tingkat Sukun memiliki eksterior elegan dengan blue navy. Tidak seperti bus penumpang pada umumnya, bus tingkat Sukun punya tampilan sederhana dan clear, karena tidak menempelkan logo atau merek sasis dan model livery yang ramai. Identitas bus ini dibuat sesederhana mungkin, hanya ada tulisan 'Sukun Mc Wartono' di bodi samping belakang dan sebuah tanda tangan di bodi samping depan.

Tapi jangan salah. Meski tampilan luarnya terkesan biasa-biasa saja, tampilan interior bus tingkat perusahaan rokok Sukun sangatlah mewah. Di bagian dasbor pengemudi misalnya, sudah dibekali tablet berukuran besar untuk mengoperasikan fitur-fitur entertainment.

Bus tingkat pabrik rokok Sukun buatan karoseri LaksanaBus tingkat pabrik rokok Sukun buatan karoseri Laksana Foto: Laksana

Konfigurasi jok di lantai satu menggunakan 6 kursi super nyaman buatan Hai Rimba Kencana. Kursi-kursi itu dilengkapi arm rest dan juga cup holder untuk tempat menaruh minuman. Sementara bagian lantai atas memiliki jumlah kursi 34, dengan konfigurasi 2-2.

Kesan mewah di bus ini tak hanya tampak dari kursinya, melainkan juga dari lantai bawahnya yang menggunakan panel kayu. Panel kayu juga disematkan untuk dinding toilet dan dinding penyekat ruang kemudi dengan ruang penumpang.

Soal fasilitas, bus tingkat Sukun ini memiliki dua layar TV untuk penumpang bawah, dua toilet, dan smooking area di dek atas. Antara ruang pengemudi dan ruang penumpang di dek bawah juga terdapat rak besi untuk menyimpan barang.



Simak Video "Keliling Kota Solo, Hiburan Bagi Para Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)