Karpet Mobil Bau? Ini 6 Solusi Mudah Menghilangkannya

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 30 Jan 2021 19:33 WIB
Pasangan suami-istri penyandang tuna rungu di Tangerang menawarkan jasa panggilan cuci mobil. Pasangan ini terus berjuang untuk hidup di tengah pandemi Corona.
Cara hilangkan bau karpet mobil. (Ari Saputra/detikcom_
Jakarta -

Kabin mobil merupakan bagian penting dalam kenyamanan dalam berkendara. Salah satu hal yang paling mengganggu kenyamanan dalam kabin adalah bau yang muncul dari karpet mobil.

Apabila hal ini terjadi sebaiknya anda segera mengatasinya agar bau hilang dan perjalanan tidak terganggu. Bagi yang ingin menghilangkan bau dari karpet mobil ada beberapa tips yang disampaikan oleh Daihatsu, nih.

1. Sirkulasi Udara

Seperti diketahui bau menyebar lewat udara. Ketika udara tidak bergerak seperti di dalam mobil maka bau akan lebih sulit hilang. Supaya bau tetap hilang langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memperbanyak sirkulasi udara misal dengan membuka jendela dan pintu.

Jika kebetulan sedang di rumah, anda bisa tambahkan kipas angin agar mempercepat aliran udara. Tentunya pastikan semua jendela dan pintu tadi sudah dibuka.

2. Membersihkan Karpet

Cara lain tentu dengan mengatasi masalah langsung dari sumbernya. Ketika ada bau berarti ada sumber baunya yang harus dihilangkan dengan cara dicuci. Gunakan sabun untuk membersihkan kotoran. Hindari penggunaan sabun yang kadar kimianya kuat.

Setelah dicuci, keringkan karpet tersebut, tapi jangan langsung terkena panas terik karena dapat merusak karpet. Terakhir jika sudah kering gunakan vakum untuk membersihkan kotora-kotoran yang tersisa.

3. Pakai Air Purifier

Menambahkan aksesoris ini pada mobil merupakan hal wajib bagi anda yang sangat sensitif dengan bau tidak sedap. Air purifier ini memiliki banyak manfaat dalam menghilangkan bau tidak sedap yang muncul di dalam mobil, salah satunya bau karet karpet mobil yang baru dipasang.

4. Pakai Bubuk Kopi

Bubuk Kopi dipercaya dapat menghilangkan berbagai macam bau yang tidak sedap. Bahan ini juga tentunya dapat diaplikasikan pada kabin mobil. Tentunya anda dapat menggunakan ini kalau memang tidak ada masalah dengan bau kopi di dalam kabin.

5. Baking Soda

Ini adalah cara menghilangkan bau karpet yang cukup rumit tapi masih bisa anda coba praktekan. Taburkan baking soda ke permukaan karpet mobil yang memiliki bau menyengat. Lakukan hal ini di malam hari agar anda tidak bosan menunggu. Paginya, anda bisa memvakum baking soda tersebut dengan vacuum cleaner sampai benar-benar bersih.

6. Irisan Bawang Merah

Kalau cara ini lebih mudah. Anda cukup mengiris bawang merah lalu taruh di piring. Letakkan piring yang berisikan irisan bawang di dekat karpet yang bau. Sebaiknya buka juga jendala dan pintu agar bau bawangnya tidak tertinggal di dalam kabin.



Simak Video "Mobil Jarang Dipakai, Wajibkah Ganti Oli?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)