Keluar Asap Putih dari Knalpot Mobil? Ini Penyebab dan Solusinya

Rizki Pratama - detikOto
Jumat, 18 Des 2020 17:55 WIB
Thick smoke pours from the exhaust pile on a car. Shallow depth of field, focus on the end of the tail pipe. Closeup view.
Penyebab dan solusi knalpot mobil keluar asap putih. Foto: Getty Images/iStockphoto/madsci
Jakarta -

Mobil yang sehat sekarang harusnya tak lagi mengeluarkan asap dari knalpot. Jika keluar asap putih, berarti mobil anda sedang dalam masalah.

Dilihat di situs Auto2000, ada beberapa penyebab knalpot mobil mengeluarkan asap putih. Harusnya warna asap hasil pembakaran yang keluar dari knalpot tidak memiliki warna. Biasanya hal ini dikarenakan oleh adanya kebocoran oli, tapi sumbernya berbeda-beda. Berikut penjelasannya lebih lanjut.

Penyebab

Sebelum anda memperbaikinya, ketahui dulu apa penyebabnya. Pertama ada kemungkinan seal katup mobil anda mengalami keausan. Seal katup perannya untuk membuka ruang antara intake/exhaust ke ruang bakar. Apabila aus, udara tidak mampu masuk dengan maksimal dan dapat menyebabkan kebocoran oli yang masuk ke dalam ruang bakar.

Penyebab kedua adalah kerusakan pada gasket kepala silinder. Ia bekerja untuk merapatkan hubungan komponen blok mesin dan kepala silinder. Ketika mengalami rusak seperti keretakan, maka oli bisa menetes ke ruang bakar.

Mobil keluar asap putih juga dapat disebabkan oleh kerusakan sistem Positive Crankcase Ventilation (PCV). Gunanya adalah menstabilkan tekanan udara di ruang engkol. Seperti dua komponen di atas, kerusakan PCV akan sebabkan kebocoran oli.

Selain lewat 3 bagian di atas,Kebocoran oli bisa diawali juga dari fungsi turbo pada mobil. Berguna untuk melumasi komponen turbo, kondisi kerja yang cukup ekstrim terkadang membuat oli mesin bocor. Bisa bocor ke bagian exhaust ataupun intake. Hasilnya adalah asap putih yang keluar dari knalpot mobil.

Penyebab lain adalah ring piston dan silinder blok aus. Oli bisa masuk ke ruang bakar karena pembesaran volume silinder blok ataupun keausan ring piston yang terkikis sedemikian rupa.

Solusi

Langkah pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatasi knalpot berasap putih adalah melepas saluran PCV yang ada di dekat saluran udara setelah bagian filter. Kalau terlihat tetesan oli, berarti bisa terjadi kebocoran karena kerusakan separator. Jika ingin lebih memastikan, lepas juga saluran udara. Cek apakah ada jejak oli di bagian permukaan dalam saluran. Jika ada oli di salurannya, sebaiknya PCV diganti dari selang sampai separator.

Bagi mobil dengan mesin turbo dapat didengar dari suara aneh saat mesin menyala. Coba lepas saluran udara output dari turbo. Perhatikan apakah ada ceceran oli mesin atau tidak. Jika memang ada, berarti sebaiknya segera perbaiki masalah ini.

Selanjutnya, Anda bisa memeriksa seal klep. Lepas intake manifold dan lihat lubang intake. Kalau memang ada kerak oli, berarti inilah penyebab dari asap putih dari knalpot mobil. Anda bisa mengganti seal katup untuk menyelesaikan masalah ini.

Jika hal di atas belum menyelesaikan masalah anda perlu cek kompresi mobil. Pengecekan ini hanya dapat dilakukan beberapa bengkel besar saja seperti di Auto2000. Kompresi mesin rendah berarti ada masalah pada piston atau silinder.



Simak Video "Mobil Jarang Dipakai, Wajibkah Ganti Oli?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lua)