BPKB Mobil Jadi Jaminan Pinjam Uang, 5 Hal Ini Harus Dipahami Supaya Cepat Cair

Rizki Pratama - detikOto
Rabu, 09 Des 2020 20:41 WIB
Ilustrasi beli mobil
Tips pinjam uang dengan jaminan BPKB mobil. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Dalam masa sulit, mendapatkan pinjaman uang dengan jaminan BPKB mobil merupakan salah satu opsi. Tapi, sebelum melakukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil ke bank atau lembaga keuangan lainnya sebaiknya anda perlu paham dulu beberapa hal ini.

Jika anda memahami beberapa hal di bawah ini, proses pengajuan kredit dapat disetujui dan dicairkan. Ada 5 hal yang perlu dipahami oleh anda yang ingin melakukan pinjaman uang dengan jaminan BPKB mobil seperti disampaikan oleh Astra Credit Company (ACC).

1. Kenali Mobil Anda

Anda perlu tahu mobil anda mulai dari mereknya, jenis, tipe, dan tahun pembuatannya. Ini adalah pemahaman mendasar yang wajib anda miliki sebelum melakukan pinjaman uang dengan jaminan BPKB mobil.

Kriteria mobil akan mempengaruhi jumlah pinjaman yang bisa anda dapatkan. Misalnya, mobil yang lebih tua akan mendapatkan pinjaman yang lebih kecil dibandingkan dengan mobil yang lebih muda tahun pembuatannya. Pastikan juga ya kalau mobil tersebut adalah mobil pribadi anda dan BPKB-nya atas nama anda.

2. Periksa Jumlah Pinjaman

Setelah paham tentang mobil yang diajukan BPKB-nya sebagai pinjaman, pelajari besaran pinjaman yang akan anda diajukan. Berikutnya pelajari juga keuangan anda, baik pemasukan maupun pengeluaran setiap bulannya. Akan lebih bijak, jika anda mencairkan uang sesuai kebutuhan. Misalnya saja uang jaminan mobil jika dicairkan semua sekitar 100 juta rupiah. Sedangkan Anda hanya membutuhkan sekitar 60 jutaan, sebaiknya cairkan hanya sekitar 60 hingga 70 jutaan saja.

3. Simulasi Kredit

Jika sudah ditentukan, perhatikan berapa pemasukan dan penghasilan anda setiap bulannya. Jangan lupa juga hitung dengan bunga dan berapa lama tenornya.

Dengan data-data tersebut anda dapat melakukan simulasi kredit dan melakukan perencanaan keuangan yang tepat sehingga tidak terjadi kredit macet. Hal ini dilakukan juga supaya anda dapat memilih sistem kredit jaminan BPKB yang tepat dan sesuai kemampuan.

4. Riwayat Kredit

Ini sudah menjadi syarat wajib dalam setiap urusan dengan lembaga keuangan. Biasanya jika riwayat kredit yang tidak baik akan lebih sulit mendapatkan pencairan dana dibandingkan dengan mereka yang riwayat kreditnya baik.

5. Siapkan Syarat-syarat

Setiap bank atau lembaga keuangan yang memberikan jasa pinjaman uang dengan jaminan BPKB mobil tentu punya syarat masing-masing. Pastikan anda membaca dan mengikuti syarat-syarat tersebut agar proses pencairan lancar.



Simak Video "Lebih Dekat dengan All New Honda CB150R 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)