Senin, 12 Okt 2020 12:55 WIB

Pesepeda Rawan Dijambret, Ikuti Cara Ini Biar Aman

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jalur sepeda juga memberikan edukasi untuk para pedagang kopi keliling yang menggunakan sepeda dengan selalu tertib berada di jalurnya Pesepeda rawan menjadi korban kejahatan seperti jambret dan begal. Pesepeda disarankan tidak membawa barang yang mencolok perhatian. Foto: DEDY ISTANTO
Jakarta -

Pengguna sepeda akhir-akhir ini dibayangi risiko kejahatan. Beberapa kali viral pesepeda yang dijambret hingga ditodong.

Pelaku penjambretan atau penodongan biasanya melakukan aksinya menggunakan sepeda motor. Dengan sepeda motor, pelaku bisa lebih leluasa untuk kabur meninggalkan korban.

Pelaku penjambretan biasanya mengincar para pesepeda yang gowes seorang diri. Tak jarang pesepeda yang dijambret tersungkur karena tasnya direbut paksa oleh pelaku.



Andry Berlianto, praktisi defensive driving, mengatakan tips aman bersepeda tak jauh berbeda dengan saat menggunakan sepeda motor. Dia menyarankan agar pesepeda tidak membawa barang yang memancing pelaku kejahatan.

"Upayakan tidak membawa barang-barang dalam posisi bergelantung yang mudah ditarik orang," kata Andry kepada detikcom, Senin (12/10/2020).

Pesepeda dianjurkan untuk tetap berkendara di jalur paling kiri. Dengan gowes di jalan paling kiri, posisikan barang di sebelah kiri tubuh.

"Antisipasi penjambret yang datang dari arah kanan," ujar Andry.

Atau, pesepeda perlu memastikan tas atau barang terikat erat pada sepeda. Jangan sampai tas atau barang bawaan yang berharga membentuk juntaian yang rawan direbut paksa oleh pelaku penjambretan.

"Selanjutnya berkendara (gowes) berkelompok (tidak gowes sendiri). Paling tidak mengurangi niat penjambretnya," katanya.

"Gunakan safety gear pesepeda dengan baik dan benar," tutup Andry.



Simak Video "Gowes Marak Saat Pandemi, Buku Panduan Bersepeda Diluncurkan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com