Minggu, 10 Jun 2018 20:18 WIB

Mudik Pas Puasa Bukan Berarti Bisa Gaspol Terus, Perlu Istirahat

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Sudirman Wamad Foto: Sudirman Wamad
Jakarta - Meski mudik naik mobil pribadi pengendaranya tetap harus rutin istirahat. Jangan sampai Otolovers terus gaspol tanpa istirahat.

Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menyarankan pemudik beristirahat setiap 4 jam sekali. Jadi, kalau perjalanan sudah ditempuh selama 4 jam, silakan berhenti untuk istirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan.



"Kalau dia sebelum mudik sudah tidur selama enam jam, normalnya interval berhenti untuk istirahat itu setiap 4 jam sekali. Jadi setiap kita menempuh perjalanan empat jam kita berhenti, 4 jam lagi kita berhenti lagi. Berhenti minimal 10 menit, untuk stretching dan sebagainya supaya melancarkan aliran darah," kata Sony kepada detikOto.

Mungkin ada yang berpikir bahwa saat sedang berpuasa tak perlu istirahat karena tidak bisa makan atau minum. Tapi, bukan berarti pemudik yang tengah berpuasa tak butuh istirahat.



"Sebenarnya, istirahat saat mudik itu bukan berarti cuma makan/minum. Istirahat tiap 4 jam sekali bisa melakukan stretching ringan biar melancarkan aliran darah," kata Sony.

Kalau jalan terus tanpa istirahat, kata Sony, ujung-ujungnya bisa microsleep. Microsleep itu adalah kondisi ketika pengemudi mengalami letih yang berlebihan. "Letih berlebihan itu datang dari yang tadinya harusnya istirahat, dia nggak istirahat," ujar Sony.

Kata Sony, ketika pengendara sudah capek, masalahnya adalah aliran darah tidak lancar. Sebab, pengendara posisinya selalu duduk.

"Begitu dia istirahat 10-15 menit yang bisa dilakukan adalah stretching ringan, supaya memperlancar aliran darah di tubuh kita. Utamanya adalah leher, tangan, pinggang, kaki. Leher hubungan kepala sama badan, tangan dia bereaksi terhadap setir, kaki karena dia ngegas, dan pinggul. Stretching nggak perlu berat-berat, yang ringan-ringan aja," ujar Sony. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed