Rabu, 21 Feb 2018 14:32 WIB

Punya Paspor Kendaraan Dapat Untung Apa Saja?

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: dok tim Rifat Sungkar Foto: dok tim Rifat Sungkar
Jakarta - Ada beberapa keuntungan tersendiri yang bisa didapat oleh para pemegang paspor kendaraan atau Carnet de Passages en Douane (CPD). Apa saja itu?

"CPD itu pada dasarnya merupakan jaminan yang diakui secara internasional, jadi dengan memegang CPD, Anda tidak perlu khawatir melanggar undang-undang impor/ekspor kendaraan. Salah satu keuntungan yang akan didapat oleh para pemegang CPD misalnya adalah mereka melintasi pos perbatasan dan bertemu dengan petugas bea cukai. Di sini, para pemegang CPD sudah memiliki satu dokumen yang dengan mudah dikenali oleh petugas sehingga memudahkan proses verifikasi," ungkap Rifat Sungkar.

Menurut Rifat, CPD ini nantinya juga bisa menjadi alat bukti bagi para pemiliknya dalam menghadapi tindakan sewenang-wenang yang mungkin bisa dilakukan oleh petugas bea cukai di negara setempat.

Dengan CPD, pihak induk olahraga otomotif dunia, Federation Internationale de l'Automobile (FIA), akan menawarkan bantuan kepada pemilik atau pengemudi jika kendaraan mereka mengalami masalah-masalah tertentu saat berada di negara setempat.

Lebih lanjut lagi, CPD juga membantu memastikan bahwa untuk para turis atau mereka yang hobi touring, secara otomatis mendapatkan kewenangan untuk melintasi perbatasan dengan kecepatan yang lebih tinggi, regulasi-regulasi yang tidak menyulitkan, serta tanpa
mengeluarkan biaya atau jaminan-jaminan lainnya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed