Mau Touring Motor di Akhir Tahun, Jangan Lupa Lakukan Hal Ini

ADVERTISEMENT

Mau Touring Motor di Akhir Tahun, Jangan Lupa Lakukan Hal Ini

Tim detikOto - detikOto
Sabtu, 24 Des 2022 12:35 WIB
Touring Motor
Ilustrasi Touring Motor Foto: Pool (Istimewa)
Jakarta -

Menyambut libur akhir tahun, pilihan touring menuju satu destinasi menarik bisa menjadi pilihan tepat. Namun sebelum melakukan touring, ada baiknya melakukan beberapa pengecekan dan persiapan agar perjalanan semakin nyaman.

Seperti yang disampaikan PT Pertamina Lubricants (PTPL), melalui Technical Specialist Brahma Putra Mahayana. Dirinya menjelaskan ada 5 langkah yang harus dilakukan sebelum melakukan touring, diantaranya:

1. Persiapan Fisik

Touring menggunakan sepeda motor umumnya ditempuh dengan jarak lumayan panjang. Maka dari itu, penting bagi pengendara memiliki stamina yang prima.

Lakukan olahraga ringan, setidaknya satu pekan sebelum touring. Persiapan ini juga harus diimbangi dengan pola makan dan istirahat cukup. Selain itu, tak ada salahnya memanfaatkan multi vitamin untuk mengoptimalkan kondisi fisik.

2. Perlengkapan Berkendara Wajib

Persiapan lain, terkait dengan perlengkapan berkendara wajib. Dimulai dari helm, pelaku giat touring disarankan menggunakan helm full face. Meski beberapa tak menyukainya, tak bisa dipungkiri helm jenis ini memiliki unsur keselamatan lebih baik.

Sementara untuk jaket dan celana, pilih yang nyaman dan dilengkapi ventilasi. Alangkah baiknya kedua perlengkapan berkendara ini memiliki pelindung. Begitu pula dengan sarung tangan. Adanya protektor tentu dapat meminimalisir cedera ketika terjadi insiden di jalan.

Di samping itu, pengendara juga wajib memakai sepatu paling tidak menutupi mata kaki. Lalu, jangan sampai lupa membawa jas hujan. Item ini penting dan wajib dibawa terlebih jika touring dilakukan di akhir tahun yang masuk musim hujan.

Touring MotorTouring Motor Foto: Pool (Istimewa)

3. Cek Kondisi Sepeda Motor

Sebelum touring, Anda wajib mengecek kondisi sepeda motor. Untuk pemeriksaan secara menyeluruh, dapat dilakukan ke bengkel terpercaya untuk mengefisiensi waktu dan tenaga. Tapi, ada hal lain yang dapat dilakukan sendiri seperti mengganti oli mesin.

"Sebaiknya, ganti oli mesin baru sebelum touring. Dengan begitu, selama perjalanan pemilik dapat merasakan tenaga yang optimal," kata Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL).

Agar bisa merasakannya, spesifikasi pelumas harus sesuai kebutuhan motor. Seperti halnya Pertamina Lubricants dengan oli Pertamina Enduro Series. Pelumas ini hadir dalam beberapa varian untuk motor manual maupun matic. Bahkan tersedia pula gear oil atau oli transmisi untuk motor matic.

"Pelumas menjadi bagian penting untuk mesin. Pelumas Pertamina juga dilengkapi zat aditif terbaik untuk perlindungan maksimal terhafap mesin. Lantas keberadaan varian pelumas Pertamina Enduro yang lengkap, menjadi bukti komitmen kami dalam memenuhi keinginan pengguna sepeda motor di Tanah Air," terang Brahma.

4. Toolkit Set dan Penambal Ban

Setelah pengecekan kondisi sepeda motor, lengkapi barang bawaan dengan toolkit set sederhana misalnya kunci pas yang umum dipakai di motor. Termasuk juga alat penambal ban untuk mengantisipasi andaikata mengalami bocor ban di lokasi yang jauh dari bengkel.

5. Kenali Rute Touring

Mengenali rute touring juga tak kalah penting. Dengan begini, pengendara dapat menentukan rute yang ingin dilalui sekaligus mengestimasi waktu perjalanan dan istirahat. Alangkah baiknya melengkapi sepeda motor dengan phone holder untuk memantau trek melalui peta digital.

Sebagai catatan terakhir, upayakan rehat maksimal setiap 2 jam berkendara dan patuh terhadap rambu-rambu lalu lintas.



Simak Video "Kapan Sebaiknya Motor Ganti Oli?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT