Suka Ngecas HP di Motor? Begini Caranya Biar Aki Nggak Tekor

ADVERTISEMENT

Suka Ngecas HP di Motor? Begini Caranya Biar Aki Nggak Tekor

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 22 Jun 2022 13:21 WIB
Electric Power Socket Yamaha
Ngecas HP di motor boleh-boleh saja. Tapi ketahui caranya biar aki nggak gampang tekor. Foto: Dok Yamaha
Jakarta -

Motor zaman sekarang kebanyakan sudah dilengkapi dengan socket charger yang bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai handphone. Fitur ini tentu memudahkan, ketika pengendara berada di jalan dan tidak perlu repot mencari tempat hanya untuk ngecas HP.

Tapi ngecas HP di motor tak bisa asal-asalan. Kalau asal, jangan heran bila aki jadi cepat tekor dan ujung-ujungnya keluar biaya untuk mengganti yang baru.

Mengutip laman instagram welovehonda_id, ada beberapa cara untuk menghindari aki tekor meski digunakan ngecas HP. Pertama, kamu bisa ngecas HP saat mesin motor menyala. Hal ini dilakukan agar daya dan kinerja aki tetap optimal.

Kedua, gunakan perangkat charger yang original dari pabrikan. Menggunakan perangkat yang asli keluaran dari HP dapat menghindari terjadinya potensi meleleh atau korsleting listrik. Terakhir, saat ngecas pastikan handphone dalam kondisi mati. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan panas berlebih yang dapat merusak HP.

Pastikan kamu tidak mengecas HP dalam kondisi motor dalam kondisi diam. Ketika motor posisi diam, aki tidak akan mengalirkan listrik sama sekali. Berbeda halnya ketika posisi motor menyala dan berjalan, listrik di aki bakal selalu terisi penuh dan dialirkan dari spul dan kiprok.

Hindari untuk menggunakan port charger lebih dari satu. Hal ini akan membuat aki bekerja ekstra untuk mengisi daya di luar kemampuannya. Di sisi lain, kebiasaan ini bisa menimbulkan masalah pada aki dan juga handphone kamu.

Jangan juga menggunakan socket charger untuk ngecas power bank. Sejatinya, socket charger memang didesain untuk ngecas HP. Bila digunakan untuk ngecas power bank dikhawatirkan bisa menimbulkan panas berlebih dan pastinya membuat aki tekor.

Aki tekor sendiri dapat dirasakan ketika performanya terasa berkurang dan bunyi klakson terdengar sember.



Simak Video "Aki Motor Soak? Ingat, Tak Disarankan untuk Dijumper Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT