Selasa, 25 Jun 2019 09:21 WIB

Amankah Ngecas HP di Bagasi Motor?

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Smartphone menjadi barang yang tidak bisa lepas dalam kehidupan dewasa ini. Bahkan beberapa pabrikan sepeda motor sudah menyiapkan fitur socket power untuk mengisi daya baterai ponsel, seperti yang sudah disematkan pada skuter baru Honda Genio.

Namun letaknya yang berada di dalam bagasi, membuat sebagian masyarakat bertanya terkait keamanannya. Mengingat panas suhu mesin yang bisa masuk ke dalam bagasi.

Dijelaskan Makoto Dohi, Assistant Chief Engineer Departement 2 Product Development Division Honda R&D Co Ltd di Jakarta Utara bahwa fitur socket power yang berada di dalam bagasi Honda Genio sudah dilakukan pengetesan dari berbagai sisi.



"Letak dari charger sendiri adalah di bawah tempat duduk, di mana kami melakukan desain ini untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna model motor kami, agar tidak menimbulkan masalah saat terkena hujan ataupun agar tidak khawatir terkena debu," ujar Makoto Dohi.

Honda Genio. Honda Genio. Foto: Pradita Utama


"Kami juga sudah melakukan pengamatan terhadap fitur ini agar tidak memberikan kesulitan dan masalah kepada pengguna," sambung Makoto.

Lebih lanjut, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya menjelaskan keamanan terkait power socket menjadi hal yang tak bisa dilupakan. Pun demikian, saat pengetesan berjalan, Honda Genio tidak mengalami masalah.



"Kalau secara desain sudah dilakukan pengujian desain beberapa kali. Sehingga posisi frame, posisi socket dan posisi tangki bahan bakar dibuat secara proporsional memenuhi requirement safety," ujar Thomas.

"Kemudian yang kedua, kita juga sudah melakukan pengetesan berjalan penggunaan. Sejauh ini secara quality masih cukup safety," tambah Thomas.

Amankah Ngecas HP di Bagasi Motor?Foto: Pradita Utama


Kendati demikian, ia menyarankan agar pemilik sepeda motor tetap menggunakan secara bijak. Seperti saat mengisi bensin di SPBU misalnya.

"Nah mengenai apakah saat charger isi bensin, harus tetap memenuhi peraturan. Pada saat isi bensin ya tidak boleh charger," kata Thomas. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com