Jangan Pakai Sandal Jepit saat Naik Motor, Apalagi Motor Trail!

M Luthfi Andika - detikOto
Minggu, 19 Jun 2022 12:32 WIB
Sepatu offroad atau sepatu naik motor offroad
Ilustrasi naik motor trail Foto: doc. Astra Honda Motor
Jakarta -

Buat detikers yang hendak terabas dengan menggunakan motor trail atau mau melakukan perjalan offroad, jangan sekali-kali menggunakan sandal jepit ya, karena bisa dipastikan hal ini sangat berbahaya. Nah bagi yang mau terabas, Astra Honda Motor (AHM) mengingatkan jangan sampai salah memilih sepatu.

Dalam siaran resminya dijelaskan, selain harus tetap menjaga protokol kesehatan, terdapat beberapa perlengkapan penting untuk melindungi tubuh kita. Salah satunya adalah penggunaan sepatu yang benar dan aman.

Johannes Lucky, Manajer Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, penggunaan sepatu yang benar menjadi syarat mutlak pengendara untuk berkendara offroad. "Hal ini untuk mencegah cedera pada kaki pengendara akibat terjatuh atau tertimpa kendaraan," ujarnya.

Berdasarkan hal tersebut, Lucky memberikan beberapa saran dan tips untuk memilih sepatu offroad, yang sesuai dengan ketentuan, sekaligus aman digunakan.

1.Pilih sepatu sesuai dengan kondisi trek. Sepatu untuk trek tanah dan batu berbeda. Saat melaju di trek tanah, usahakan memakai sepatu dengan sol yang tebal dan bergerigi. Sementara untuk trek berbatu, gunakan sepatu dengan sol yang memiliki lekukan mirip dengan sepatu gunung.

"Jika medan yang dilalui kombinasi bertanah dan berbatu, maka sol sepatu dengan tipe kombinasi bergerigi dan memiliki lekukan adalah pilihan terbaik. Pemilihan sol yang benar, sepatu dapat mencengkeram dengan baik di medan yang dilalui," jelas Lucky.

2.Sepatu dapat melindungi bagian tulang kering atau tulang betis dengan baik. Hindari memilih sepatu offroad yang terlalu tipis, sehingga tidak dapat mengurangi dampak negatif apabila kaki pengendara terjepit kendaraan atau terkena benda asing seperti batang pohon, batu dan lain-lain.

Sepatu offroad atau sepatu naik motor offroadSepatu offroad atau sepatu naik motor offroad Foto: doc. Astra Honda Motor

3.Tidak terlalu lentur, sehingga dapat mencegah terjadinya masalah pada persendian bila pengendara tergelincir atau terjatuh saat berkendara.

4.Gunakan sepatu dengan pengunci tipe "Strap" dengan "Buckle" yang kuat, sehingga dapat menghindari potensi sepatu terbuka atau terlepas saat melewati medan yang sulit dan dapat disesuaikan kekencangannya. Hindari sepatu offroad yang menggunakan tali sebagai pengikatnya.

5.Disarankan memilih sepatu cross yang berukuran sesuai dengan kaki, untuk memastikan kaki tetap nyaman saat menggunakan dalam waktu yang lama. "Jika memilih ukuran yang terlalu besar, sepatu akan mudah terlepas saat melewati medan yang sulit. Sebaliknya saat memilih sepatu dengan ukuran lebih kecil, maka akan membuat kaki tidak nyaman dan mengganggu konsentrasi saat berkendara," kata Lucky.



6.Pilihlah sepatu yang tahan air, untuk menjaga kaki tetap kering saat melewati rawa atau lumpur. Namun tetap perhatikan hawa atau sirkulasi dari sepatu tersebut tetap berfungsi baik. Setiap merek sepatu memiliki istilah masing masing untuk teknologi waterproof.

7.Pilihlah sepatu dengan lekukan pada sol untuk memastikan sepatu tetap berada pada footstep saat melewati jalan yang bergelombang.

8.Pilihlah sepatu yang berwarna cerah, hal ini dapat membantu kita mudah terlihat saat melewati jalur di malam hari yang minim pencahayaan.

9.Terakhir pastikan sepatu sudah memiliki standar CE (EN 13634) yang berarti bahwa riding gear tersebut telah sesuai standar ketahanan terhadap benturan dan ada logo motor yang artinya sesuai digunakan bagi pengendara sepeda motor.



Simak Video "AC Mobil Mengeluarkan Suara Berisik? Ini Sebabnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)