Mudik di Depan Mata, Ini Tips Bawa Barang Pakai Motor Matic

ADVERTISEMENT

Mudik di Depan Mata, Ini Tips Bawa Barang Pakai Motor Matic

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 25 Apr 2022 16:34 WIB
Sejumlah warga telah memulai perjalanan mudiknya dengan sepeda motor. Seperti terlihat di Pangkalan Jati, Kalimalang, Jakarta Timur, Jumat (8/6/2018) malam.
Ilustrasi mudik pakai motor matic (Foto: Agung Pambudhy/detikOto)
Jakarta -

Mudik menggunakan sepeda motor sejatinya tidak dianjurkan para pakar keselamatan berkendara. Namun tetap menjadi pilihan karena dinilai praktis, khususnya motor matic. Nah, berikut ini tips membawa barang di motor matic.

Danang Hermanto, instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta, menjelaskan beberapa tips berkendara membawa barang dengan motor matik.

Pertama, saat menempatkan barang di atas motor, jika ukuran barang cukup besar, pastikan motor dalam keadaan standar tengah. Hal ini akan membuat motor lebih rata, sehingga lebih mudah untuk mengikat barang ukuran besar.

Ada juga fitur hook yang sering digunakan untuk menggantungkan barang oleh pengendara motor matik, bahkan di motor Yamaha Gear 125 kini dibekali double hook (gantungan barang ganda) sehingga ada dua titik untuk menggantungkan barang, membuat pengguna bisa membawa barang lebih.

"Boleh saja membawa barang dengan cara menggantungkannya di fitur double hook seperti yang terdapat pada Yamaha Gear 125. Namun perlu diperhatikan untuk menghindari beban yang berlebihan karena akan mengurangi keseimbangan berkendara," ungkap Danang dalam keterangan resmi yang diterima detikcom.

Dimensi dari barang yang digantung juga tidak boleh sampai mengganggu pergerakan pengendara saat mengendalikan motor, sehingga tidak membahayakan pengendara dan juga orang lain.

Selanjutnya, Danang mengatakan, jangan membawa barang berlebihan. Barang yang tidak penting untuk perjalanan mudik tak perlu dibawa dengan sepeda motor.

Sebab, ketika membawa barang-barang berlebihan, maka akan memakan ruang di sepeda motor dan bobotnya berlebihan. Itu berpengaruh ke keseimbangan dan kendali motor.

"Tinggi barang yang dibawa tidak melebihi bahu pengendara karena akan mengurangi keseimbangan berkendara," ungkap dia.

"Pastikan panjang barang bawaan tidak melebihi atau menutupi lampu belakang, agar pengendara lain dapat tetap melihat signal lampu dari motor," tambahnya.

Terakhir, barang juga bisa diletakkan pada bagasi. Hindari menaruh barang berlebihan di bagasi karena akan menyulitkan untuk menutup jok dan bisa merusak barang yang dibawa.



Simak Video "Jangan Asal Pilih Oli! Mobil dan Motor Jadul Butuh Oli yang Kental"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT