ADVERTISEMENT

Mau Touring Naik Motor ke Lombok Buat Nonton MotoGP Mandalika? Simak Tips Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 10 Mar 2022 13:34 WIB
Tips touring jarak jauh menggunakan sepeda motor
Tips touring jarak jauh menggunakan sepeda motor (Parma Ridres Community)
Jakarta -

Gelaran MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika (Pertamina Grand Prix of Indonesia) bakal dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022. Bagi para bikers yang mau touring ke Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, sekalian menyaksikan MotoGP Mandalika, tentu boleh-boleh saja. Asal perhatikan tips amannya.

Seperti dijelaskan klub motor, Parma Riders Community, yang sudah sering melakukan touring jarak jauh ke berbagai wilayah di Indonesia, ada beberapa saran yang bisa dilakukan para bikers jika ingin melakukan touring ribuan kilometer jauhnya, contohnya seperti ketika ingin ke Lombok Tengah.

"Dalam kurun 2 tahun, Parma Riders Community beberapa kali touring dengan tetap memperhatikan peraturan yang berlaku selama masa pandemi Covid-19. Di antaranya adalah menjelajahi Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, serta Sumatera," bilang Ketua Parma Riders Community Jonathan.

Menurut Jonathan, karena touring dilakukan di masa pandemi, maka setiap bikers sebaiknya telah mendapatkan dua kali dosis vaksin Covid-19 atau bila mungkin telah mendapatkan vaksin booster. Setiap bikers sebaiknya juga melakukan tes swab antigen/PCR dan dinyatakan negatif Covid-19.

"Jangan lupa untuk mempersiapkan motor dengan baik, seperti melakukan penggantian oli, cek rem, ban, lampu, dan lain-lain, untuk menghindari kena masalah dalam perjalanan," sambung Jonathan.

Nah, jika touring dilakukan secara berkelompok, protokol kesehatan juga perlu dilakukan, seperti jaga jarak, cuci tangan dan menggunakan masker. Selain itu, asupan nutrisi dan vitamin, serta air pun harus dipastikan cukup.

"Setiap 1,5 atau 2 jam sekali harus berhenti untuk beristirahat agar tidak terlalu capek atau merasa jenuh dan mengantuk. Selain itu, seringlah minum air atau makan snack sehingga terhindar dari dehidrasi," katanya lagi.

Selain itu, saat melakukan touring, usahakan jangan mengutamakan kecepatan, melainkan persaudaraan. Jadi ketika ada teman yang mengalami trouble, atau tertinggal dalam iring-iringan, maka harus ditunggu.

Jika dilihat di peta digital, jarak Jakarta-Lombok mencapai 1.321 km dengan estimasi waktu perjalanan 23 jam 47 menit. Melihat jarak yang cukup jauh, tentunya perjalanan bisa menghabiskan waktu selama beberapa hari dan perlu singgah di beberapa kota untuk bermalam. Jadi pastikan mendapat tempat penginapan yang layak dan aman.

Untuk merayakan ulang tahun yang ke-3, Parma Riders Community melakukan touring Jakarta-Bali, yang dilaksanakan pada tanggal 25 Februari hingga 6 Maret 2022. Aksi touring ini juga diselingi dengan agenda bakti sosial.

"Indonesia punya destinasi wisata yang sangat indah dan sulit ditemui di tempat lain. Perjalanan Jakarta-Bali kali ini sangat berkesan bagi para biker Parma Riders Community. Saat inilah, para biker ini menyaksikan secara langsung dampak pandemi Covid-19 yang menggugah," tukasnya.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT