Ini 7 Tips Memilih Jaket Motor Baru, Jangan Sampai Salah Pilih

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 01 Jan 2022 18:21 WIB
Jaket motor untuk sehari-hari
Ilustrasi jaket motor. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih jaket motor (Luthfi Anshori/detikoto)
Jakarta -

Saat riding dengan jarak tempuh yang cukup jauh, pasti pengendara motor wajib menggunakan perlengkapan seperti helm serta jaket. Fungsi jaket sendiri tidak hanya sebagai aksesoris untuk bergaya saja, namun juga melindungi pengendara dari terpaan angin. Simak, nih, tips memilih jaket motor.

Terkadang, banyak pengendara yang sengaja membeli jaket motor karena tertarik dari tampilannya saja, lantaran modelnya bagus. Padahal, kalau sampai salah pilih jaket hal ini menyebabkan berkendara jadi tidak nyaman.

Dikutip dari laman resmi Astra Honda, ada sejumlah tips untuk memilih jaket motor yang aman dan nyaman. Jadi bagi kamu para rider yang ingin beli jaket motor baru, simak dulu tipsnya di bawah ini.

1. Pilih Jaket Sesuai Ukuran Tubuh

Sebelum membeli jaket, kamu harus menyesuaikan ukurannya dengan tubuh. Usahakan jangan terlalu kekecilan atau kebesaran ya. Soalnya jika jaket motor tidak pas, kamu akan merasa tidak nyaman. Hal ini dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara yang memicu terjadinya kecelakaan.

2. Jangan Pilih Jaket yang Terlalu Banyak Tali

Saat ini sudah banyak beragam model jaket yang telah tersebar di sejumlah toko dan situs belanja online. Tampilannya yang memikat terkadang membuat konsumen langsung membelinya, namun tidak memperhatikan beberapa faktor lain.

Jaket motor AirbagJaket motor Airbag Foto: Pool (Helite)

Selain memilih ukuran yang pas, usahakan jangan memilih model jaket terlalu banyak tali. Saat berkendara motor dengan kecepatan cukup kencang, tali tersebut bisa saja berterbangan dan dapat mengganggu konsentrasi kamu.

Dengan begitu, lebih baik menggunakan jaket yang memiliki resleting atau juga bisa memilih jaket dengan bahan kulit.

3. Pilih Jaket yang Menutupi Bagian Leher, Tangan dan Pinggul

Saat membeli jaket motor yang tepat, usahakan memilih jaket yang menutupi bagian leher, pergelangan tangan, hingga pinggul. Soalnya hal tersebut dapat meminimalisir risiko cedera apabila suatu saat mengalami kecelakaan.

Lebih bagus lagi jika kamu dapat memilih jaket yang memiliki pelindung (protector) pada bagian siku dan bahu. Umumnya jaket ini memiliki ketebalan yang lebih baik, sehingga sangat bagus dalam meminimalisir benturan. Ini akan membuat cocok jadi jaket motor harian.

4. Gunakan Jaket yang Berwarna Terang

Menggunakan jaket berwarna terang sangat membantu ketika berkendara di malam hari. Apabila kamu melewati suatu jalan yang cukup gelap tanpa adanya lampu, jaket yang punya warna cerah dapat membantu pengendara lain melihat diri kamu dari kejauhan.

Jika tidak punya jaket dengan warna cerah, kamu bisa membeli jaket dengan corak atau garis yang dapat memantulkan cahaya lampu kendaraan di malam hari.

Pilihan jaket untuk touringPilihan jaket motor untuk touring Foto: Luthfi Anshori

5. Jaket Kulit Perlu Perawatan Ekstra

Sah-sah saja jika kamu memilih membeli jaket motor dengan bahan kulit, karena jaket ini punya kualitas yang cukup bagus.

Namun perlu diingat, jaket kulit harus dirawat dengan baik dan tidak bisa sembarangan. Apabila tidak rutin dibersihkan, bisa-bisa jaket kulit kamu akan muncul jamur dan bau tak sedap.

6. Jaket Motor Bahan Jeans Juga Bagus

Jaket motor yang satu ini semakin populer di kalangan pengendara sepeda motor. Jaket bahan jeans sangat baik jika dipakai untuk melintasi wilayah yang berangin, lalu punya daya serap keringat yang baik dan tidak terlalu panas saat digunakan pada siang hari.

Jaket Motor ROJ955Jaket Motor wanita Foto: Yamaha S Gear

7. Jaket Sintetis Punya Kualitas Kurang Baik

Jaket motor berbahan sintetis merupakan perpaduan dari bahan kulit dan lubrikan. Salah satu kelebihan dari jaket sintetis adalah hampir serupa dengan jaket kulit yang harganya mahal.

Tapi, ada harga ada kualitas. Di sisi lain jaket sintetis memiliki daya serap keringat yang kurang baik dan terasa tidak nyaman saat digunakan. Meski begitu, jaket ini cukup mudah untuk dibersihkan dan tetap nyaman digunakan ketika berkendara di malam hari.

Itulah 7 tips memilih jaket motor yang tepat. Memilih jaket motor harian yang tepat akan membuat detikers lebih nyaman dan aman saat berkendara.



Simak Video "Biar Awet! Ini Cara Merawat Motor Matik di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)