Dulu Cuma di Moge, Kini Kontrol Traksi Ada di Motor Kecil, Seperti Apa Cara Kerjanya?

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 12 Okt 2021 18:56 WIB
Ototest PCX 160 ABS vs Nmax 155 Connected ABS
Foto: 20Detik. Mengenal cara kerja fitur kontrol traksi.
Jakarta -

Dulu fitur kontrol traksi biasanya ada di motor gede. Tapi seiring perkembangan zaman, fitur tersebut juga mulai disematkan di motor-motor berkapasitas mesin lebih kecil. Saat ini fitur kontrol traksi sudah ada di Yamaha Nmax 155 Connected ABS dan Honda PCX 160. Seperti apa sih cara kerjanya?

Secara teknis, fitur TCS (Traction Control System) berfungsi mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor berakselerasi di permukaan jalan yang licin, seperti jalan berpasir atau yang basah akibat guyuran hujan.

"Khusus untuk TCS, fitur yang banyak dijumpai pada motor berkapasitas mesin besar ini mampu menjaga traksi ban tetap optimal sehingga pengendara tidak perlu khawatir ketika melintasi permukaan jalan yang licin," ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, dalam keterangan resminya, Selasa (12/10/2021).

Adapun kerja fitur ini memanfaatkan perangkat speed sensor yang membaca kecepatan putaran roda depan maupun belakang. Ketika sensor mendeteksi adanya perbedaan kecepatan, maka informasi tersebut akan langsung dikirimkan ke ECU dan kemudian ECU akan meresponsnya dengan mengurangi putaran mesin.

Cara mengurangi putaran mesin ini dilakukan dengan dua cara, yaitu memundurkan waktu pengapian (ignition delay) dan bisa juga dengan mengurangi suplai bensin ke ruang pembakaran.

Pada mode default atau setelan pabrikan, fitur TCS pada Yamaha NMAX 155 Connected ABS dalam kondisi menyala (aktif). Fitur ini juga dapat dimatikan dengan cara menekan tombol switch control yang ada di kiri setang kemudi. Setelah itu menu pilihan On dan Off nya dapat dilihat pada tampilan layar speedometer.

(lua/din)