Penyebab Speedometer Sepeda Motor Macet dan Cara Perbaikannya

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 25 Sep 2021 13:32 WIB
Detail of Retro-style motorbike, showing rev counter and speedometer.
Speedometer motor macet? Perhatikan tips perbaikannya (Getty Images/iStockphoto/RapidEye)
Jakarta -

Kerusakan speedometer tak secara langsung memengaruhi kemampuan motor. Hal ini membuat masalah pada alat pengukur kecepatan ini kerap diabaikan.

Memang, speedometer yang rusak tidak akan memberikan dampak besar pada performa motor saat di jalan raya. Akan tetapi, speedometer punya peran penting dalam memberikan informasi kepada pengendara mengenai kecepatan.

Selain itu, speedometer juga memuat informasi mengenai banyaknya bahan bakar yang tersedia di tangki. Hadir juga indikator seperti lampu utama dan lampu sein menyala.

Dengan begitu, pengendara harus memperhatikan peranti yang satu ini selain merawat mesin sepeda motor. Jika speedometer sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan atau sudah tidak berfungsi, sebaiknya kamu segera perbaiki.

Jangan khawatir, ada sejumlah cara dalam mengatasi speedometer yang rusak. Dikutip dari laman Astra Motor, berikut sejumlah tipsnya

1. Mengecek Kabel Speedometer

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam mengatasi kerusakan speedometer adalah melihat pada bagian kabelnya. Perhatikan dengan teliti kabel speedometer kamu, apakah tidak berfungsi karena kabelnya putus, tertarik, tertekuk, terselip, atau mengalami goresan.

Jika masalah yang ditemukan karena kabel rusak akibat goresan, pengendara bisa langsung memperbaikinya dengan menggunakan isolasi karet hitam. Setelah itu, speedometer dapat berfungsi normal.

Kerusakan juga sering diakibatkan kabel speedometer mulai berkarat. Hal ini disebabkan oleh air yang masuk ke dalam area kabel, namun bisa juga karena usia kabel yang sudah tua dan perlu diganti yang baru.

Jika ingin mengecek apakah karat yang menjadi kendala, kamu dapat melepaskan kabel dari gearbox pada sumbu ban. Setelah itu, tarik kabel secara perlahan dan hati-hati. Ketika kabel ditarik dan tersendat maka hal tersebut bisa disebabkan kabel berkarat.

2. Memeriksa Speedometer

Apabila tidak ditemukan kerusakan pada bagian kabel, kemungkinan besar speedometer yang perlu dicek. Saat ini terdapat beberapa jenis speedometer yang digunakan pada sepeda motor.

Pengguna speedometer digital sering mengalami kerusakan karena aki sepeda motor yang harus diganti. Berbeda pada pengguna speedometer analog, kerusakan yang timbul jauh lebih rumit.

Kasus yang sering terjadi adalah pegas atau spring dalam speedometer sudah lemah atau lepas. Hal tersebut menyebabkan tidak akuratnya informasi kecepatan yang ditunjukan karena arah jarumnya tidak sesuai.

Selain itu, kerusakan lain akibat pengendara motor yang sering melewati jalan berlubang dalam kecepatan tinggi. Guncangan yang terjadi dapat mempengaruhi speedometer. Timbulnya karat juga menjadi faktor komponen tersebut tidak berfungsi dengan normal.



Simak Video "Terasa Lemot, Ini Trik Atasi Tarikan Bawah Loyo di Motor Matic Suzuki"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)