Bukan di Jalur Penyelamat! Ini Tempat Berhenti Aman untuk Bikers

Tim detikcom - detikOto
Senin, 30 Agu 2021 15:24 WIB
Rombongan bikers nongkrong di jalur penyelamat di daerah Subang, Jawa Barat
Foto: Tangkapan layar Instagram @brorondm. Rombongan bikers nongkrong di jalur penyelamat di daerah Subang, Jawa Barat.
Jakarta -

Berkendara motor alias riding memang bisa menjadi kegiatan melelahkan jika rute perjalanannya jauh. Maka dari itu, setiap 2-3 jam sekali, bikers atau pengendara motor wajib berhenti untuk istirahat. Tapi jangan istirahat di sembarang tempat ya, apalagi jalur penyelamat.

Baru-baru ini viral di media sosial sebuah foto yang memperlihatkan rombongan bikers sedang melakukan kopdar (kopi darat) di jalur penyelamat. Momen tersebut salah satunya diunggah oleh akun Instagram @brorondm.

Tidak diketahui pasti apa motif rombongan pemotor itu berhenti di jalur penyelamat, apakah mereka sedang menunggu rekan bikers lainnya, atau mereka sedang beristirahat sejenak dari perjalanan jauh. Namun yang jelas, apa yang mereka lakukan itu sangatlah berbahaya karena jika sewaktu-waktu ada kendaraan dari atas yang mengalami rem blong, mereka bisa menghalangi proses penyelamatan dan berpotensi ditabrak kendaraan tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi kami, ada banyak lokasi parkir aman yang bisa dijadikan tempat berhenti sementara bagi pengendara motor. Bagi para bikers yang berkendara sendirian, maupun secara berkelompok, seyogyanya berhenti di lokasi parkir yang luas dan tidak di bahu jalan.

Lokasi aman yang bisa jadi tempat pemberhentian bagi para bikers adalah mini market. Berhenti di mini market bisa menjadi pilihan yang baik bagi bikers yang sedang melakukan touring. Sebab mini market bisa ditemui di sepanjang perjalanan. Mini market biasanya memiliki lokasi parkir yang luas dan ada juga yang dilengkapi kursi untuk para pengunjungnya. Selain itu, jika berhenti di mini market, bikers juga mengisi ulang perbekalan.

[Gambas:Instagram]


Selanjutnya lokasi yang aman menjadi pemberhentian sementara bikers adalah tempat ibadah seperti mushola atau masjid. Selain memiliki lokasi parkir luas, mushola atau masjid biasanya juga memiliki halaman depan atau teras yang luas, yang bisa dimanfaatkan oleh bikers. Keuntungan lainnya, bikers yang beragama Islam juga bisa sekalian melaksanakan kewajibannya.

Alternatif lain yang bisa menjadi tempat berhenti sementara bagi bikers adalah SPBU alias pom bensin. Di pom bensin dengan fasilitas lengkap, bikers bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti mengisi bahan bakar, beribadah di mushola, hingga mengisi ulang perbekalan di mini market yang tersedia.

(lua/din)