Selisih Jutaan Rupiah, Ini Beda Motor CBS dan ABS

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 23 Mei 2021 08:19 WIB
Test ride Honda PCX 160
Pabrikan motor menawarkan motor dengan fitur ABS. Apa bedanya dengan CBS? Foto: Astra Honda Motor
Jakarta -

Ketika sedang memilih motor apa yang ingin dibeli, terkadang sudah yakin akan modelnya namun pilihan kembali bercabang akan tipenya. Saat ini, yang paling umum adalah muncul tipe tambahan yaitu ABS. Dengan beda bisa jutaan, sebenarnya seberapa penting ABS dan apa bedanya dengan CBS?

Meskipun berbeda hanya satu huruf antara A dan C, tentunya teknologi ABS dan CBS berbeda jauh. Dilansir dari laman Astra Motor, ABS merupakan singkatan dari Anti Lock Braking System.

Sesuai namanya, teknologi ini berfungsi untuk membuat roda tidak terkunci ketika melakukan pengereman. Dengan roda yang tidak mengunci saat melakukan pengereman, pengendara dapat terhindar dari ban terselip dan motor hilang kendali.

Teknologi ABS ini, bekerja mengandalkan sensor yang biasanya dipasang di dekat cakram. "Sensor tersebut akan membaca secara konstan kecepatan roda menggunakan algoritma dan membandingkannya dengan putaran roda satunya," tulis Astra Motor.

Jadi ketika pengendara melakukan pengereman secara mendadak dan keras, sensor tadi akan mengirimkan sinyal untuk mengurangi tekanan dan kaliper akan melakukan pengereman secara bergantian. Sehingga roda yang sedang berputar kencang tidak langsung mengunci dan pengendara lebih mudah untuk mengontrol lajunya.

Dari penjelasan ini, menunjukkan bahwa teknologi ABS membutuhkan beberapa perangkat elektronik seperti sensor dan modul. Hal ini yang menyebabkan harga teknologinya mahal dan membuat harga jual motor dengan ABS lebih tinggi dibanding motor non-ABS.

CBS Beda dengan ABS

CBS merupakan singkatan dari Combi Brake System atau sistem pengereman yang menggabungkan rem depan dengan rem belakang.

Mekanismenya jauh lebih sederhana dan mekanis, tidak seperti ABS yang banyak menggunakan perangkat elektronik. Ketika salah satu rem ditekan dengan kuat, maka rem yang lainnya akan ikut tertarik. Misalnya jika kita sedang menekan rem depan, maka rem belakang akan ikut tertarik.

Dilansir dari laman Honda Cengkareng, teknologi CBS ini dapat membuat pengereman lebih optimal. Pasalnya, rem depan memiliki jarak pengereman yang pendek dan rem belakang memiliki jarak pengereman yang panjang. Maka dari itu, dengan mengkombinasikan kedua rem ini, pengendara dapat lebih aman ketika melakukan pengereman.

Teknologi penyeimbang rem depan dan belakang ini hadir di berbagai pabrikan motor dengan nama yang beragam. CBS lebih dikenal di pabrikan Honda, sedangkan Yamaha menamai teknologi serupa dengan nama Unified Braking System atau UBS. Menariknya tidak hanya di skutik, teknologi CBS ini pun terpasang di motor bergaya cruiser Keeway V250 Fi.

Jadi, sekarang paham kan kenapa motor dengan ABS lebih mahal dibanding CBS?



Simak Video "Wajah Baru 'Vespino' dan 'Vespini'"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)